Selain Windows, Deretan OS Ini Rentan Diserang WannaCry?

Selain Windows, Deretan OS Ini Rentan Diserang WannaCry?

(Foto: Reuters)

JAKARTARansomware WannaCry menyerang sistem operasi Windows milik Microsoft. Sistem operasi yang banyak terpasang pada komputer di seluruh dunia ini dinilai memiliki kerentanan keamanan sehingga diserang virus itu.

Sementara itu, untuk saat ini, beberapa OS lainnya memang tak menjadi incaran WannaCry. Namun apakah sistem operasi lainnya seperi MacOs bahkan Android dan iOS juga memiliki kerentanan?

“Karena secara teknikal WannaCry itu menyerang celah keamanan pada OS Windows tapi banyak ransomware lainnya aktif, kita enggak tahu aja saat ini,” kata Jemmy Handinata, Pre Sales Specialist Kaspersky Lab Indonesia di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Ia mengungkapkan bahwa Android, MacOS, dan iOS juga memiliki celah keamanan namun bukan menjadi target hacker WannaCry untuk saat ini. Bukan hal yang tak mungkin jika beberapa OS itu juga menjadi korban serangan WannaCry.

“Android, MacOS, iOS juga punya celah keamanan. Cuma mungkin saat ini yang diincar adalah Windows. Tapi mungkin ke depannya kita enggak tahu apakah mereka juga akan melakukan serangan itu. Kita bisa bilang ini versi satu hanya memanfaatkan celah OS Windows. Kita enggak tahu bisa dibuat versi 2.0 atau 3.0,” jelasnya.

Seperti diketahui, WannaCry telah menyerang ratusan ribu perangkat komputer di seluruh dunia. WannaCry juga menyerang 60 komputer di salah satu rumah sakit di Indonesia.

(kem)

Baca Juga

Ini 6 Aplikasi Musik Terbaik di Android (1)

Ini 6 Aplikasi Musik Terbaik di Android (1)