Samsung Salip Peruntungan iPad di Pasar Eropa Barat

Samsung Salip Peruntungan iPad di Pasar Eropa Barat

(Foto: Sammobile)

SEOUL – Perusahaan analis pasar IDC telah merilis laporan baru mengenai keadaan pasar tablet di Eropa Barat pada kuartal pertama 2017. Pasar tablet di kawasan ini mencatat penyusutan 1,7% dari tahun sebelumnya.

Sebanyak 7,1 juta unit penjualan tablet Android menjadi pendorong utama penjualan. Samsung merupakan salah satu dari beberapa OEM utama yang mencatat pertumbuhan pada kuartal pertama tahun ini.

Sementara itu, iPad milik Apple menyusut ke posisi kedua dan menjadikan Samsung sebagai vendor tablet teratas di Eropa Barat pada kuartal ini.

Dilansir Sam Mobile, Jumat (19/5/2017) data menunjukkan bahwa Samsung mengapalkan 1,89 juta tablet pada kuartal pertama tahun ini, meningkat dibanding tahun lalu yakni 1,6 juta unit pada periode yang sama. Jumlah itu menyumbang 26,5% pangsa pasar tablet di Eropa Barat dan mencatat pertumbuhan 17,9% dari tahun ke tahun.

Di sisi lain, Apple mendistribusikan 1,54 juta unit iPad, menurun ketimbang tahun lalu yang mencapai 1,74 juta unit pada periode yang sama. Apple menyumbangkan 21,7% pasar tablet di Eropa Barat dan mengalami penurunan dari tahun ke tahun sebesar 11,5%.

Laporan ini menunjukkan bahwa iPad menyumbangkan hampir 50% dari semua tablet dengan harga premium. Ini artinya, pengguna tablet premium di Eropa Barat lebih menyukai iPad ketimbang tablet lainnya.

(kem)

Baca Juga

 DJI Akan Batasi <i>Drone</i> Setelah Adanya Update

DJI Akan Batasi Drone Setelah Adanya Update