Nubia M2 Lite Siap Hadang Redmi Note 4, Mana Lebih Unggul?

Nubia M2 Lite Siap Hadang Redmi Note 4, Mana Lebih Unggul?

(Foto: Dini/ Okezone)

PASAR smartphone di Tanah Air kembali kedatangan smartphone baru dari Nubia. Kali ini, smartphone asal China itu mengaspalkan tiga smartphone, salah satunya M2 Lite. Kemampuan M2 Lite akan menantang pesaing yang juga berasal dari China yakni Redmi Note 4.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Nubia M2 lite, tim Okezone.com berkesempatan untuk menjajal smartphone tersebut.

Desain

Smartphone Nubia M2 lite membawa desain unibodi. Pada bagian belakang, smartphone ini memiliki material metal. Meski demikian, ponsel ini memiliki bobot yang tak begitu berat dan tidak licin. Sayangnya panel belakang smartphone ini cepat membuat smartphone lecet.

 

Dari bagian belakang, pengguna akan menemukan kamera dan flash yang duduk tepat di sebelahnya. Kemudian logo Nubia akan terlihat di bagian belakang smartphone. Untuk di bagian depan, hanya ada tombol home yang diapit oleh dua tombol kapasitif, kemudian di sisi kanan terdapat tombol power dan di sisi kirinya terdapat tombol power. Menengok ke bagian bawah, Anda akan menemui port USB (untuk mengisi daya) yang diapit dengan speaker dan port jack untuk headphone.

Layar dan Antarmuka

Disokong layar 5,5 megapiksel beresolusi 1280x720 inci, Nubia M2 lite memiliki layar yang cukup luas, jernih, dan nyaman untuk menikmati hiburan seperti menonton film, youtube, dan membaca. Layar M2 lite juga cukup responsif saat menerima perintah, sehingga pengguna tak perlu menekan layar.

Sayangnya, karena ukuran layar yang cukup besar, ketika smartphone dimasukkan ke dalam saku celana, terasa kurang nyaman dan terlihat mencolok.

Bicara soal user interface (UI), M2 lite menggunakan nubia UI 4.0. User interface-nya cukup simpel dan bersih. Di samping itu, tampilan recent apps smartphone ini juga berbeda dengan smartphone Android pada umumnya. Tampilan recent app smartphone ini lebih mirip Apple dengan layer aplikasi berjajar ke samping bukannya ke atas-bawah.

Tak hanya memiliki desain simpel, nubia UI ini juga disokong dengan fitur edge gesture. Dengan fitur ini, pengguna bisa memanfaatkan sisi kanan kiri layar untuk memperkaya tampilan smartphone. Misalnya saja, ketika menekan sisi kanan atau kiri layar, maka akan terlihat semua aplikasi di dalam home screen. Tak hanya itu, ketika men-siwpe bagian atas atau bawah ujung layar, maka tampilan akan berganti ke aplikasi baru. Menariknya, fitur edge gesture ini juga membawa kemampuan untuk mencerahkan layar hanya dengan menekan dari bawah ke atas.

Kinerja

Smartphone Nubia M2 lite dijejali dengan prosesor MediaTek MTK MT6750 dan GPU Mali-T860 GPU, 700 MHz. Sementara untuk memorinya, Nubia M2 lite disokong dengan RAM 3 GB dan ROM 64 GB, yang masih bisa diperluas dengan microSD.

Berbekal dengan spek jeroan tersebut, Nubia M2 lite mampu melakukan multitasking dengan mulus. Tak hanya itu, saudara Nubia M2 ini juga cukup cepat dalam membuka aplikasi. Sementara ketika diajak untuk entertaiment seperti menonton dan mendengarkan musik, Nubia M2 lite menawarkan suara yang bagus dan gambar yang tajam.

Lalu, saat diajak untuk bermain, seperti Asphalt 8, smartphone ini bisa berlari mulus, tak lag dan menawarkan grafis cukup baik. Di sisi lain, Okezone juga menguji smartphone ini dengan menggunakan benchmark seperti AnTuTu dan Geekbench 4.

Dari hasil benchmark AnTuTu terlihat, M2 lite berhasil mendapatkan skor 41.113. Sementara dari hasil benchmark Geekbench 4 terlihat skor single-core 606 dan multi-core mendapat skor 2.515.

 (Geekbenc)

(AnTuTu)

Kamera

Jika saudaranya, Nubia M2 lite dibekali dengan NeoVision 6.5, maka M2 lite dibekali dengan NeoVision 6, sehingga membuat pengalaman berfoto lebih menarik. Kamera di M2 lite ini dijejali dengan beragam fitur di dalamnya, mulai dari slo-mo, macro, time-lapse, slow shutters, clone dan banyak lagi.

(hasil kamera belakang)

(hasil kamera belakang)

Berbeda dengan M2, versi lite ini harus puas dengan single lensa. Nubia M2 lite dibekali dengan 13MP dengan aperture F2.2. Sementara kamera depannya didukung dengan piksel yang lebih besar dibanding kamera belakangnya yakni 16 MP dengan kemampuan wide angel, sehingga cakupan selfie menjadi lebih banyak.

(foto selfie)

Hasil jepretan dari Nubia M2 lite ini bisa diandalkan. Dari foto tersebut, terlihat cahaya yang masuk cukup, sehingga hasil foto menjadi lebih natural baik itu di kamera depan dan belakang. Untuk di dalam gelap, smartphone ini bisa menangkap gambar dengan cukup baik tanpa flash.

 

(kamera belakang tanpa flash)

(foto kamera belakang menggunakan flash)

Dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 4

Bulan lalu, Xioami mendatangkan Redmi Note 4 ke Indonesia. Xiaomi Redmi Note 4 memiliki bentang layar yang lebih lega yakni 5,5 inci beresolusi 1.080 x 1.920piksel. Untuk dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 4 dibekali dengan Snapdragon 625, RAM 3 atau 4 GB, memori penyimpanan internal 32 GB yang masih bisa ditambahkan dengan memori penyimpanan internal hingga 256 GB.

Sementara untuk kamera, Xiaomi Redmi Note 4 dibekali dengan kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Untuk urusan daya tahan perangkat, Xiaomi menyerahkan kepada baterai berkapasitas 4.100 mAh yang ada di dalamnya.

(din)

Baca Juga

Trik Gunakan Gmail Google Task

Trik Gunakan Gmail Google Task