Data Sumbang Pertumbuhan Terbesar Operator Seluler

Data Sumbang Pertumbuhan Terbesar Operator Seluler

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Dua operator seluler Tanah Air, Indosat Ooredoo dan XL Axiata, mendapatkan pertumbuhan positif di kuartal pertama (Q1) yang berakhir pada 31 Maret 2017. Sebagian besar, pertumbuhan didominasi oleh penggunaan data.

Indosat Ooredoo memperoleh peningkatan pendapatan sebesar 7,0% dengan total nilai Rp7,3 triliun. Indosat meraih peningkatan pendapatan di sektor seluler sebanyak 6,6% yang berasal dari penjualan data dan VAS. Sementara itu penurunan terjadi di sektor layanan telefon.

Lebih rinci, data menyumbang kenaikan sebesar 40,5% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu yang didorong oleh kenaikan trafik dan jumlah pengguna sebesar 227,6%. Saat ini kenaikan pengguna seluler sendiri telah mencapai 95,6 juta pelanggan.

Secara keseluruhan, kenaikan data menjadi penentu meningkatnya pendapatan Indosat, di mana terjadi dua penurunan di dua layanan seperti telefon dan SMS yang mengalami kemerosotan masing-masing sebesar 4,8% dan 10,9% di periode yang sama tahun lalu. Sementara itu VAS menyumbang pertumbuhan sebesar 32,2%.

Hal serupa juga dialami oleh operator lainnya, yakni XL Axiata. Operator yang identik dengan warna biru itu mendapatkan untung sebesar 0,3% secara QoQ. Hasil itu didorong oleh pertumbuhan pendapatan data yang meningkat sebesar 9% dan menyumbang 63% terhadap total pendapatan layanan.

Jumlah pelanggan XL Axiata juga tumbuh secara berkelanjutan dengan adanya penambahan 1,5 juta pelanggan pada kuartal ini, sehingga secara keseluruhan menjadi 48 juta pelanggan, atau 13% lebih tinggi dari jumlah pelanggan tahun lalu.

Data dari masing-masing operator seluler tersebut menunjukkan bahwa tren berkomunikasi telah berubah menjadi data di mana obrolan teks dan telefon dilakukan secara online melalui jaringan internet.

Peralihan itu didorong pula oleh peningkatan pengguna gawai smartphone seperti yang diakui oleh pihak XL Axiata. "Saat ini XL Axiata memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% YoY dari periode yang sama tahun lalu," ungkapnya melalui siaran pers, Rabu (24/5/2017).

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Adopsi 4G Belum Maksimal, Ini penyebabnya!

Techno of The Week: Adopsi 4G Belum Maksimal, Ini penyebabnya!