Waspada, Modus Penipuan Kembali Jangkit Pengguna Operator Seluler

Waspada, Modus Penipuan Kembali Jangkit Pengguna Operator Seluler

(Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Berbagai modus penipuan yang memanfaatkan layanan SMS rupanya masih terjadi di Tanah Air. Kali ini, modus baru digunakan oleh orang tak dikenal dengan memanfaatkan nomor telefon pengguna XL Axiata secara acak untuk membayarkan tagihan transaksi yang telah dilakukannya tanpa sepengetahuan pemilik nomor telefon tersebut.

Nomor yang dicantumkan pelaku secara acak itu akan menerima kode verifikasi, untuk dimasukkan ke situs pembelian game online yang dilakukan oleh pelaku penipuan. Pelaku penipuan akan memanggil nomor telefon aktif yang ia karang, untuk mendapatkan kode verifikasi tersebut.

Jika korban mengirimkan SMS yang berisi kode verifikasi itu, biaya transaksi pembelian game online yang dilakukan oleh pelaku akan dibebankan kepadanya.

Dijelaskan Tri Wahyuningsih, GM Corporate XL Axiata kepada Okezone, Selasa (30/5/2017), modus penipuan tersebut terbilang baru. Mengantisipasi hal tersebut menjangkit pengguna lainnya, XL Axiata mengimbau penggunanya untuk lebih berhati-hati jika menerima SMS yang mencurigakan.

Jika tak merasa melakukan transaksi yang dimaksud dalam SMS yang diterima, pengguna disarankan mengabaikan SMS tersebut. Begitu pun jika pengguna menerima telefon dari orang tak dikenal dan meminta kode verifikasi.

XL Axiata juga mengimbau penggunanya yang merasa ragu dengan SMS atau telefon terkait kode verifikasi yang terindikasi penipuan, untuk secara langsung menghubungi customer service XL.

Selain itu, perusahaan yang lekat dengan warna biru tersebut juga mengimbau penggunanya yang terjangkit modus penipuan baru itu, untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut.

(kem)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih