Cara Lindungi Folder dengan Password di Windows

Cara Lindungi Folder dengan Password di Windows

(Foto: Wikihow)

JAKARTA - Pengguna desktop memiliki banyak cara untuk mengamankan PC atau komputer jinjing (laptop) mereka. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menambahkan password di folder.

Baik Windows atau Mac OS X secara native mendukung untuk menambahkan password ke folder Anda sebagai upaya untuk melindungi file Anda. Berikut ini cara untuk melindungi folder dengan password di Windows terutama Windows Vista ke atas, seperti dikutip dari Wiki How, Jumat (2/6/2017).

 

1. Unduh dan instal software compression pihak ketiga.

Software 7-zip adalah salah satu pilihan gratis yang tersedia saat ini. Panduan ini akan didasarkan pada penggunaan 7-Zip.

2. Bikin File Terkompresi

Pilih folder yang ingin dilindungi password. Klik kanan dan pilih 7-zip dari menu. Dari menu kedua, pilih ‘Add to archive…’ dan ini akan membuka 7-Zip.

3. Sesuaikan Pengaturannya

Anda bisa mengganti nama file yang akan dibuat. Pilih .zip dari menu ‘Archive format’ jika Anda ingin agar folder tersebut kompatibel pada sistem tanpa instal 7-Zip.

4. Tambahkan Password

Di kanan jendela 7-zip, akan ada dua kolom untuk masuk dan mengkonfirmasi password untuk file tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih bentuk enkripsi Anda dan juga pilihan apakah Anda ingin nama file dienkripsi juga. Setelah itu, klik OK.

5. Hapus Folder File yang Asli

Membuat file terkompresi akan meninggalkan Anda dengan dua salinan data, file asli, dan file terkompresi. Hapus dan pindahkan yang asli agar tak bisa diakses.

(din)

Baca Juga

Ingin Sukses Berjualan di Instagram, Nih Caranya!

Ingin Sukses Berjualan di Instagram, Nih Caranya!