Menjajal OPPO F3 Plus Smartphone Dual-Camera Selfie Tandingan Vivo V5s

Menjajal OPPO F3 Plus Smartphone Dual-Camera Selfie Tandingan Vivo V5s

Tampilan belakang OPPO F3 Plus (Foto: Moch. Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Maret lalu, OPPO meresmikan smartphone F3 Plus di Indonesia melalui acara peluncurannya di Jakarta. Kali ini Okezone berkesempatan menjajal OPPO F3 Plus selama beberapa pekan belakangan ini.

Lantas, bagaimana kesan selama menggunakan smartphone tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Desain dan Tampilan

OPPO F3 Plus memiliki tampilan yang khas dengan tombol home yang berbentuk lonjong di bagian depan. Selain itu terdapat pula layar berbentang 6.0 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Layar berjenis IPS itu juga telah dilapisi oleh pelindung Gorilla Glass 5.

Sementara dari segi antarmuka, OPPO F3 Plus menjalankan sistem operasi Android Marshmallow 6.0, dibalut dengan antarmuka buatan OPPO sendiri, ColorOS 3.0.

Hardware

Di dapur pacu OPPO F3 Plus mengandalkan prosesor buatan Qualcomm, Snapdragon 653 bertenaga octa-core 1,5 GHz dan kartu grafis Adreno 510. Performanya juga didukung oleh kapasitas RAM yang terbilang lega, yakni 4 GB.

Sementara dari segi penyimpanan, terdapat ROM berkapasitas 64GB yang dapat dimanfaatkan untuk menginstall aplikasi dan penyimpanan media. Anda juga bisa menambahkan kapasitasnya, melalui slot microSD yang sanggup menampung 256 GB.

Kemudian dari segi fotografi, OPPO F3 Plus mengandalkan kamera utama 16 megapiksel berbukaan f/1.7. Letak kameranya sendiri berada di sudut kiri atas di bagian belakang ponsel.

Sebagai vendor yang mengusung tag-line Selfie Expert, OPPO memanjakan pecinta swafoto dengan menyediakan kamera depan ganda 16 megapiksel dan 8 megapiksel. Kedua kamera tersebut masing-masing memiliki lensa lebar dan standar untuk grup selfie maupun sendiri.

Meski demikian, OPPO F3 Plus bukan satu-satunya smartphone yang menawarkan dual-camera selfie di bagian depan. Vivo juga turut menawarkan fitur serupa yang dirilis pada bulan Mei lalu.

Vivo menghadirkan fitur tersebut di smartphone V5s yang berkemampuan kamera ganda 20 megapiksel di bagian depan.

Beralih soal daya baterai, kapasitas yang dimiliki oleh OPPO F3 Plus ini yakni sebesar 4.000 mAh. Selain itu karena memiliki desain unibody berbahan logam, baterai tersebut tak bisa dicopot atau dipasang ulang sebagaimana milik LG V20.

Benchmark

OPPO F3 Plus mendapatkan skor benchmark yang terbilang baik. Pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu, smartphone ini berhasil meraih skor 93.769 dengan tiga tahap pengujian mulai dari 3D (21.101), UX (37.235), dan CPU (27.861).

Dengan hasil tersebut OPPO F3 Plus mampu mengungguli smartphone Huawei P9, Galaxy Note 5, dan iPhone 6 yang berada di peringkat bawah.

Di pengujian kedua, kami menggunakan aplikasi Geekbench 4. Hasilnya, pada pengujian single-core OPPO F3 Plus mendapat skor 1.442 dan 4.792 pada pengujian multi-core. Sedangkan berdasarkan komputasi keseluruhan, smartphone ini memiliki skor 5035.

Sebagai tambahan, kami juga menggunakan aplikasi benchmark lainnya yakni PC Mark, untuk mengukur performanya. Berdasarkan hasil pengujian dari aplikasi tersebut, smartphone ini meraih skor 3.762 pada uji Work 2.0.

Kesan Menjajal OPPO F3 Plus

Seperti yang telah tergambar pada beberapa hasil pengujian di atas, OPPO F3 Plus memiliki performa yang terbilang baik untuk digunakan sehari-hari. Kami menjajal performanya dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti media sosial dan game, bahkan digunakan secara mutlitasking.

Untuk penggunaan multitasking dan aplikasi media sosial, kinerjanya bisa diandalkan karena telah memiliki RAM yang terbilang lega.

Kami mencoba memainkan dua game yang terbilang berat untuk mencoba kinerjanya. Dua game yang kami mainkan adalah Injustice 2, dan PES 2017 yang beberapa waktu lalu baru diluncurkan di Play Store.

Hasilnya, kedua game tersebut dapat dimainkan secara lancar tanpa adanya jeda atau lag. Selain itu daya tahan baterainya juga bisa terbilang baik. Selama pemakaian beberapa pekan ini, OPPO F3 Plus bisa bertahan selama satu pekan dalam mode stand by.

Pemakaian normal menggunakan aplikasi media sosial, telefon, browsing, dan bermain game, bisa dilakukan selama seharian dari kondisi full charge.

Kemudian soal kamera utamanya, foto yang dihasilkan mampu menampilkan kecerahan cahaya dan warna yang baik, serta memiliki detail tajam dan autofokus yang cepat di kondisi remang maupun cukup pencahayaan.

Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh kedua kamera di bagian depannya. Pencahayaan dan detail gambar dapat ditampilkan dengan baik. Hanya saja dalam kondisi cahaya yang memadai, hasilnya justru terlihat over-exposure alias terlalu terang.

Kendati demikian secara keseluruhan, OPPO F3 Plus memiliki performa dan kinerja yang dapat diandalkan untuk pemakaian sehari-hari.

(kem)
TAG : Oppo

Baca Juga

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman

Nih, Cara Dapatkan Foto Terbaik Gerhana dengan Aman