TOP TECHNO: Microsoft Bawa Game Jadul ke Xbox One

TOP TECHNO: Microsoft Bawa Game Jadul ke Xbox One

(Foto: Reuters)

WASHINGTON – Gamer konsol Xbox One mungkin ingin bernostalgia dengan game-game Xbox 360. Untuk itu, Microsoft telah merealisasikan keinginan tersebut dalam sebuah update baru.

Microsoft mulai menempuh langkah ini pada Juni 2015, dengan pengumuman bahwa konsol Xbox One akan mendapatkan kemampuan untuk memainkan daftar game Xbox 360 yang semakin berkembang. Kali ini Microsoft mengambil langkah yang lebih jauh, menambahkan kompatibilitas dengan generasi pertama Xbox klasik seperti ‘Crimson Skies: Road to Ruin’.

Bos Xbox, Phil Spencer, menjanjikan bahwa game Xbox klasik akan memberikan pengalaman lebih baik di Xbox One dibanding pengguna yang memainkannya pada Xbox aslinya. Artinya, game tersebut mendapatkan upgrade grafis saat mendarat di Xbox One.

Hal tersebut merupakan strategi yang kontras dengan Sony melalui PlayStation 4. Sony telah berulang kali meremehkan pentingnya kompatibilitas mundur seperti yang dilakukan Xbox, dengan menyatakan mengapa ada orang yang ingin bermain game PlayStation lama di konsol modern.

Sementara itu, dari perspektif Microsoft, hal ini merupakan strategi yang diusung Xbox. Kini, Xbox akan mendukung tiga permainan generasi Xbox yang berbeda, yang sesuai dengan gagasan Spencer bahwa konsol baru seharusnya tidak berarti bahwa permainan dan aksesori lama Anda usang dan tak lagi berharga.

Untuk sementara, Sony menjual hampir 60 juta konsol PlayStation. Ada beberapa gamer-nya yang menginginkan game lama pada konsol yang baru.

Meski mengusung strategi yang berbeda dengan Sony, strategi Xbox ini belum diketahui apakah mampu menggerakkan pertumbuhan bisnisnya secara signifikan atau tidak. Demikian seperti dilansir Business Insider.

(kem)

Baca Juga

<i>Wuih</i>! Ikuti Jejak '<i>Final Fantasy</i>', '<i>Tekken</i>' Hadir di Versi <i>Mobile</i>

Wuih! Ikuti Jejak 'Final Fantasy', 'Tekken' Hadir di Versi Mobile