Demi Efisiensi, Indosat Ooredoo Mundur dari Bisnis Digital

Demi Efisiensi, Indosat Ooredoo Mundur dari Bisnis Digital

(Foto: Okezone)

JAKARTA - Indosat Ooredoo memutuskan untuk berhenti dari layanan bisnis digital setelah menutup layanan e-commerce Cipika. Selain itu operator dengan ciri khas berwarna kuning tersebut juga memutuskan untuk mengurangi aktivitas Dompetku.

"Dompetku tidak di-akuisisi, tetapi aktivitasnya dikurangi saja. PayPro hanya salah satu partner yang kita lakukan (kerja sama)," kata CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli, Senin (12/6/2017). Ini menegaskan rumor yang berkembang atas akuisisi yang dilakukan Paypro kepada Dompetku.

Diakui Alex, alasan Indosat Ooredoo untuk mengendurkan bisnisnya di ranah digital ialah karena tak ingin mempengaruhi EBITDA perusahaan. Selama empat tahun ini, bisnis Indosat Ooredoo di ranah digital tak bisa memberikan pemasukan yang dapat memberikan keuntungan.

"Strategi tidak ada yang salah, hanya masalahnya merusak ebitda saja. Apapun itu kalau pengeluaran tetap merusak ebitda. Kita sudah melakukan pengeluaran selama 4 tahun terakhir namun tetap belum bisa menguntungkan perusahaan," tuturnya.

"Saat kita harus mengatakan stop, ya harus dilakukan. Kalau kita pengukurannya di telco yakni revenue, ebitda, ebitda margin, dan profit. Nah, dari keempatnya tidak ada yang bisa untung," tegasnya.

Sekadar diketahui, Dompetku merupakan pelayanan e-money yang dikeluarkan Indosat Ooredoo. Namun, layanan ini kurang mendapat sambutan dari masyarakat.

Sebelumnya Indosat Ooredoo juga telah memutuskan untuk menghentikan layanan e-commerce, Cipika. Layanan tersebut telah resmi berhenti beroperasi sejak 1 Juni 2017.

"Kaka Cipika, adalah tiga tahun yang menyenangkan bagi kami, hadir dan melayani Anda. Dengan menyesal kami mengumumkan bahwa per 1 Juni 2017 layanan Cipika.co.id akan berhenti beroperasi," demikian bunyi pernyataan Cipika di situsnya.

(kem)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih