Memberikan Smartphone pada Anak Setara dengan Sodoran 1 Gram Kokain

Memberikan Smartphone pada Anak Setara dengan Sodoran 1 Gram Kokain

(Foto: Ubergizmo)

JAKARTA – Seorang terapis kenamaan di Inggris memperingatkan orangtua bahwa memberikan smartphone pada anak kemungkinan sama merusaknya dengan memberikan mereka satu gram kokain. Pernyataan tersebut dikatakan oleh spesialis klinik rehabilitasi Harley Street, Mandy Saligari, dalam sebuah konferensi di London.

Dia menyebutkan bahwa aplikasi seperti Instagram dan Snapchat terbukti sama adiktifnya dengan remaja yang rentan pada narkoba dan alkohol, seperti dilansir Ubergizmo, Rabu(14/6/2017).

“Saya selalu mengatakan kepada orang-orang, ketika Anda memberikan anak Anda sebuah tablet atau ponsel, Anda benar-benar memberi mereka sebotol wine atau satu gram kokain,” katanya saat berbicara di konferensi Highgate Junior School, saat ia berbicara di samping profesional kesehatan mental anak-anak lainnya.

Saligari mengingat pengalamannya merawat beberapa klien perempuan muda yang percaya bahwa mengirimkan gambar telanjang kepada seseorang dengan ponsel mereka adalah perilaku normal dan ternyata hanya menjadi masalah saat seorang guru atau orangtuanya mengetahui. Mereka tidak mempertimbangkan implikasi privasi dan keamanan dari tindakan mereka.

Saligari meminta orangtua untuk memikirkan dorongan kompulsif yang dimiliki akibat kepemilikan smartphone pada anak-anak, serta bagaimana perilaku tersebut mencerminkan pola otak yang ditemukan pada penjudi dan pecandu narkoba.

“Mengapa kita kurang memerhatikan hal-hal itu dari obat-obatan terlarang dan alkohol saat mereka melakukan impuls otak yang sama,” katanya

Dia menambahkan bahwa penting bagi orangtua untuk mengajari anak-anak tentang pengaturan diri sehingga tahu kapan mengatur dirinya dan tidak perlu memberi tahu dengan tepat apa yang harus dilakukan sebelum mereka benar-benar memahami implikasi tindakan mereka.

(kem)

Baca Juga

Yuk, Intip Keindahan 4 Kota Tertua di Dunia

Yuk, Intip Keindahan 4 Kota Tertua di Dunia