Sains Aneh yang Dilakukan di Stasiun Luar Angkasa

Sains Aneh yang Dilakukan di Stasiun Luar Angkasa

(Foto: NASA)

CALIFORNIA - International Space Station (ISS) bukan hanya pos terdepan kemanusiaan di angkasa. Stasiun luar angkasa ini juga salah satu laboratorium nasional resmi Amerika Serikat (AS) dan stasiun penelitian utama untuk spesies manusia.

Berikut ini beberapa sains paling menarik yang terjadi di luar angkasa, yang dikutip Okezone dari Cnet, Rabu (14/6/2017).

Project Meteor

Meteor di sekitar Bumi telah menjadi berita utama akhir-akhir ini. Untuk pertama kalinya, ISS akan dipasangi peralatan untuk melakukan pengamatan terhadap meteor yang memasuki atmosfer Bumi dari luar angkasa sebagai bagian dari apa yang disebut ‘Project Meteor’.

Space Fire!

Percobaan dengan api di atas kapal ISS telah menunjukkan kepada manusia cara aneh api menyala dalam microgravity. Sebuah percobaan baru yang disebut Saffire-1 akan memungkinkan para ilmuwan untuk melihat lebih dekat api di angkasa dalam skala yang lebih besar dan bagaimana penyebarannya tanpa gravitasi.

Saffire Menghancurkan Api di Luar Angkasa

Modul percobaan Saffire ditampilkan di sini dengan penutup atas dilepas. Ilmuwan akan menyalakan api pada kotak ini di stasiun luar angkasa dan melihat bagaimana penyebarannya dalam microgravity.

Memeriksa Tanah Luar Angkasa

NASA berencana untuk mengirim astronot ke sebuah asteroid pada tahun-tahun mendatang dan bagian dari persiapan misi tersebut akan segera berlangsung di atas ISS, di mana sebuah percobaan yang disebut "Strata-1" akan memeriksa bagaimana perilaku regolith di luar angkasa. Regolith merupakan campuran batu dan tanah yang ditemukan di permukaan bulan, komet, asteroid, dan badan antariksa lainnya.

Gecko Grippers

Kemampuan tokek untuk berjalan di dinding dan bahkan langit-langit telah lama memesona para engineer dan penggemar Spider-Man. Sekarang, Gecko Grippers yang terinspirasi oleh kaki lengket kadal, ditetapkan untuk diuji coba di ISS demi melihat seberapa banyak daya tahan yang mereka miliki dalam gravitasi sains.

(din)

Baca Juga

Astronom Temukan Bintang Selain Matahari di Tata Surya

Astronom Temukan Bintang Selain Matahari di Tata Surya