Ilmuwan Diklaim Segera Temukan Kehidupan Asing

Ilmuwan Diklaim Segera Temukan Kehidupan Asing

(Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Kehidupan asing bisa ditemukan dalam dua dekade ke depan, tapi menurut satu klaim ahli, bentuk kehidupan ini akan jauh dari makhluk cerdas.

Menurut astronom Chris Impey, para ilmuwan cenderung hampir mendeteksi mikroba di planet yang berada di luar jangkauan manusia sendiri dengan kandidat terdekat seperti bulan Jupiter Europa yang diperkirakan mengandung beberapa kondisi untuk mendukung kehidupan.

Sementara para ilmuwan yang telah mencari-cari di langit selama beberapa dekade, mengatakan bahwa sekarang mereka bisa mendeteksi kehidupan mikroba dalam 10 hingga 15 tahun ke depan, terutama karena instrumen yang akan datang seperti janji James Webb Telescope untuk memperbaiki peluang.

"Saya menaruh uang untuk mendeteksi kehidupan mikroba dalam 10 hingga 15 tahun, namun sama sekali tak mendeteksi kehidupan cerdas," kata Impey, profesor dan wakil kepala departemen astronomi di University of Arizona seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (14/6/2017).

Peneliti mengatakan kesempatan terbaik untuk menemukan kehidupan alien berada di tata surya kita sendiri. Sementara kehidupan di Mars, jika ada di sana, mungkin akan jauh di bawah permukaan, sehingga sulit ditemukan. Kata Impey, planet ini mungkin masih menyimpan jejak bentuk kehidupan kuno di tempat yang lebih mudah ditemukan.

Selain itu, Impey juga menunjuk pada Europa, bulan keenam terbesar di Jupiter yang baru-baru ini mengubah pandangan mereka. Bulan itu dianggap memiliki banyak fitur yang mirip dengan Bumi, termasuk inti besi dan samudera air asin.

Akan tetapi, samudera menutupi seluruh permukaan dan benar-benar beku karena jaraknya dari Matahari. NASA dan ESA baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan sebuah misi untuk mempelajari dunia air misterius dengan lebih baik, dan menurut Impey, upaya seperti ini dapat segera memberi gagasan yang lebih baik jika lautan dapat memiliki kehidupan di dalamnya.

Melihat ke luar angkasa lebih jauh lagi, ahli mengatakan exoplanet mirip Bumi juga bisa menjanjikan. Menurut Impey, studi tentang atmosfer dunia yang jauh ini akan sangat penting dalam menilai potensi habitabilitas mereka.

Dengan perbaikan teknologi yang ekstensif dalam beberapa tahun terakhir, pakar tersebut menyarankan kesempatan untuk menemukan kehidupan yang telah meningkat dengan pesat.

Awal tahun ini, para ilmuwan mengungkapkan bahwa bulan Saturnus Enceladus memiliki hampir semua bahan untuk menunjang kehidupan. Selain itu, penemuan sistem planet Trappist-1 baru-baru ini telah menghidupkan kembali harapan untuk menemukan kehidupan asing tidak jauh dari tata surya kita mikroba.

(din)

Baca Juga

Robot Penjelajah NASA Temukan Unsur Kehidupan di Mars

Robot Penjelajah NASA Temukan Unsur Kehidupan di Mars