Alquran dan Sains Jelaskan Fakta Bumi untuk Kehidupan Manusia

Alquran dan Sains Jelaskan Fakta Bumi untuk Kehidupan Manusia

Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Bumi yang manusia lihat tampak tak bergerak bisa diibaratkan seperti binatang tunggangan jinak yang tidak membuat penunggangnya terlempar jatuh. Padahal, Bumi sebenarnya berotasi dengan kecepatan 1.000 mil per jam.

Selain itu, Bumi juga berputar mengelilingi matahari (revolusi) dengan kecepatan 6.500 mil per jam, lalu berputar bersama semua benda langit dengan kecepatan 20 ribu mil per jam.

Buku Sains dalam Alquran yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan, fakta ilmiah membuktikan jinaknya Bumi adalah adanya gaya gravitasi di atas permukaan Bumi. Gaya gravitasi inilah yang membuat manusia lengket di atasnya dan ditarik olehnya.

Andaikata gaya gravitasi tidak ada, akan terjadi banyak kekacauan di atas permukaan Bumi. Buku ‘Sains dalam Alquran’ merincikan yang terjadi apabila Bumi tidak memiliki gaya gravitasi.

Pertama, tubuh makhluk hidup takkan lagi memiliki berat. Ia akan terbang melayang dan mengarah ke angkasa tanpa bisa kembali lagi ke permukaan Bumi.

Kedua, udara dan atmosfer akan hilang. Begitu pula hujan, awan, lautan, sungai, binatang, dan semua kehidupan di muka Bumi.

Allah telah menjadikan Bumi jinak dan tunduk pada manusia. Dia menancapkan gunung-gunung di atasnya, lalu menjadikan setiap gunung memiliki akar yang tertancap jauh ke dasarnya untuk membuat benua-benua tetap kukuh tak bergerak dan terhindar dari guncangan dan gempa.

Gaya gravitasi itulah yang membuat Bumi berputar mengelilingi matahari.

(ahl)

Baca Juga

Techno of The Week: Penjelasan Kepunahan Makhluk Hidup hingga Kecerdasan Buatan Lebih Berbahaya

Techno of The Week: Penjelasan Kepunahan Makhluk Hidup hingga Kecerdasan Buatan Lebih Berbahaya