Bahasa Lumba-Lumba Nantinya Bisa Dipahami Manusia

Bahasa Lumba-Lumba Nantinya Bisa Dipahami Manusia

Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

SWEDIA – Siapa yang tidak mengenal ikan lumba-lumna. Makhluk yang satu ini sering kita jumpai di sejumlah atraksi menarik di berbagai taman hiburan. Ikan lumba-lumba sendiri kerap mengeluarkan suara. Bahkan di masa depan, manusia akan bisa memahami Bahasa lumba-lumba tersebut.

Seperti dinukil dari laman World Economic Forum, seorang start up asal Swedia coba menggunakan kecerdasan buatan untuk menguraikan suara yang berasal dari ikan lumba-lumba tersebut. Setelah menerjemahkannya ke dalam 40 bahasa, perusahaan tersebut akhirnya berkeinginan untuk bisa mengartikan bahasa lumba-lumba.

Tim mencoba untuk merekam dan menganalisis suara lumba-lumba yang ada di taman margasatwa. Mereka mempertimbangkan kamus bahasa lumba-lumba selama studi lebih dari empat tahun. Hingga akhirnya bisa membentuk alat penerjemah bahasa mereka. Perusahaan sendiri mengatakan sistem ini adalah bahasa otak atau semantic memory.

Hingga CEO perusahaan pun mengatakan bahwa komunikasi antara manusia dan lumba-lumba bisa mungkin terjadi. Peneliti percaya bahwa lumba-lumba memiliki sistem komunikasi yang kompleks. Lumba-lumba juga membuat vokalisasi dengan kantung udara aga terdegar seperti klik maupun pluit. (afr)

(kem)

Baca Juga

Luar Biasa! Pesawat Juno Milik NASA Tangkap Badai Terbesar di Tata Surya

Luar Biasa! Pesawat Juno Milik NASA Tangkap Badai Terbesar di Tata Surya