Mengulik Redmi 4X, si Mungil Pesaing Galaxy J5

Mengulik Redmi 4X, si Mungil Pesaing Galaxy J5

(Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA - Belum lama ini Xiaomi kembali mendaratkan smartphone-nya di Indonesia. Bersamaan seri Note 4, vendor smartphone asal China itu merilis Redmi 4X. Indonesia menjadi negara pertama di luar China yang disambangi oleh smartphone tersebut.

Redmi 4X mengedepankan sokongan baterai dengan kapasitas 4.100 mAh. Dengan dukungan teknologi FinFet 14 nm, baterai itu diklaim lebih efisien saat digunakan.

Di negeri asalnya, smartphone ini hadir dengan varian RAM 2 GB dan 3 GB. Okezone berkesempatan untuk menjajal Xiaomi Redmi 4X dengan varian RAM 3GB.

Tampilan

Xiaomi Redmi X dibekali dengan bentang layar seluas 5 inci (720 x 1.280 piksel). Desain smartphone ini terbilang apik dengan balutan logam dan bodi nya yang tipis 8,65mm serta bobot yang kurang dari 150 gram. Dukungan fitur-fitur tersebut, secara fisik membuat Redmi 4X nyaman untuk digenggam bahkan dengan satu tangan. 

Secara keseluruhan, penempatan port USB, jack audio 3,5mm, serta tombol pengaturan navigasi ponsel masih sama dengan mayoritas smartphone Xiaomi lainnya. Namun, untuk Redmi 4X ini Xiaomi menyematkan slot dual-SIM card (Nano/Micro) di bagian kiri bodi. 

Sayangnya, smartphone ini hanya memberikan opsi pada slot SIM 2 jika Anda ingin menyematkan memori eksternal tanpa menyediakan slot tambahan. Sementara itu, speaker pendukung output suara tersemat di bagian bawah ponsel yang mengapit port USB tipe A.

Dari sisi antarmuka, Redmi 4X menyajikan deretan menu khas Xiaomi dengan dukungan launcher MIUI 8.2. Tampilannya tak banyak berubah seperti smartphone-smartphone Xiaomi sebelumnya. 

Performa

Redmi 4X disokong dengan prosesor Snapdragon 435 octa-core 1,4Ghz, dan GPU Andreno 505 cortex-A53. Chipset ini terbilang cukup bagi smartphone kelas menengah bahkan untuk pencinta game mobile.

Okezone sempat menjalankan game yang cukup berat seperti Asphalt 8. Game tersebut mampu dimainkan dengan baik menggunakan smartphone ini, didukung dengan jaringan yang baik tentunya. Beberapa aplikasi seperti pemutar musik dan film, juga bisa dijalankan dengan baik. 

Kamera

Redmi 4X didukung dengan kamera beresolusi 13 mega piksel dengan dukungan lampu flash. Kamera belakang ini juga dilengkapi fitur berbagai mode dari beauty hingga manual untuk mengatur ISO dan white balance.

Berdasarkan hasil pengujian Okezone, hasil jepretan kamera 4X terbilang baik dengan kontras warna yang baik. Namun kamera ini masih agak kesulitan dalam menentukan fokus. Kecerahannya pun masih terbilang kurang meski mampu menyajikan warna dengan baik.

(outdoor)

(indoor)

Sementara itu, kamera depan Redmi 4X mengusung lensa 5 mega piksel. Untuk mempercantik hasil jepretan, pengguna dapat menggunakan fitur Beautify. Berdasarkan hasil pengujian, gambar jepretan kamera depan terbilang baik dengan warna yang baik pula.

Baterai

Xiaomi menyematkan baterai berkapasitas 4.100 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 430 jam dalam posisi standby. Sementara itu, waktu bicaranya diklaim hingga 36 jam.

Berdasarkan hasil percobaan Okezone, dengan penggunaan jaringan internet untuk streaming video, smartphone ini mampu bertahan hingga 18 jam. Namun pengisian dayanya terbilang cukup lama dengan durasi lebih dari 2,5 jam mengingat sokongan kapasitasnya yang cukup banyak.

Meski begitu, pengguna akan merasakan penggunaan yang cukup lama berkat baterai 4.100 mAh. Pengguna hanya perlu melakukan pengisian ulang sekira 3-4 hari sekali dalam penggunaan standar.

Benchmark

Untuk menilai performa dan kemampuan ponsel secara keseluruhan, Okezone menggunakan dua aplikasi benchmark yaitu Geekbench 4 dan AnTuTu Benchmark dari toko aplikasi Play Store. 

Berdasarkan data dari hasil perhitungan aplikasi AnTuTu, Redmi 4X menghasilkan skor 42.048. Skor itu didapatkan dari masing-masing pengujian 3D (8130), UX (15077), CPU (13897), serta RAM (4944). Sementara itu, data yang dirilis aplikasi Geekbench smartphone ini mendapat skor 515 untuk pengujian single core, dan 1400 untuk skor multicore.

Saat dirilis, Director Product Management and Marketing Xiaomi Global Donovan Sung mengatakan bahwa Redmi 4X lebih unggul 32% dibanding Samsung J5 dari sisi baterai. Artinya, smartphone ini bersaing dengan ponsel Samsung tersebut dipasaran.

Spesifikasi Redmi 4X

-          Layar IPS 5 inci

-          Prosesor Snapdragon 435 octa-core 1,4Ghz

-          RAM 2GB/3GB dengan memori internal 16GB/32GB

-          Grafis GPU Andreno 505 cortex-A53

-          Kamera belakang 13 MP, kamera depan 5MP

-          Kapasitas Baterai 4.100 mAh

-          Android Marsmallow

-          Dual SIM

Spesifikasi Samsung J5

-          Layar super AMOLED 5,2 inci

-          Prosesor Snapdragon 410 quad-core 1,2Ghz

-          RAM 2GB dengan memori internal 16GB

-          Grafis GPU Andreno 306 cortex-A53

-          Kamera belakang 13 MP, kamera depan 5MP

-          Kapasitas Baterai 3.100 mAh

-          Android Marsmallow

-          Dual-SIM

(kem)

Baca Juga

Ingin Sukses Berjualan di Instagram, Nih Caranya!

Ingin Sukses Berjualan di Instagram, Nih Caranya!