Aplikasi "Ayo Mudik" Sediakan Informasi Lokasi SPBU, Bengkel, hingga Masjid

Aplikasi

Aplikasi Ayo Mudik (Foto: Kominfo)

JAKARTA - Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Perhubungan, bersama para Menteri dan Kepala Lembaga Lainnya meluncurkan "Aplikasi AyoMudik". Aplikasi ini diciptakan untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan dalam Mudik Lebaran 2017.

Aplikasi Ayo Mudik memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik.

Aplikasi Ayo Mudik ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah dengan perusahaan startup nasional Kudo. Peluncuran ini dilaksanakan bersamaan dengan acara Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2017, Kamis (15/6/2017) di Kementerian Perhubungan.

"Kita ingin ada aplikasi daya dukung mudik yang terpadu dengan nama Ayo Mudik. Pengembangan Aplikasi Ayo Mudik ini memang harus dikembangkan secara  cepat dan juga dapat cepat digunakan oleh masyarakat, sehingga sangat membutuhkan daya dukung programmer-programmer handal yang siap mengembangkan, memelihara dan melakukan antisipasi kinerja layanan aplikasi ini," ungkap Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika melalui keterangan resminya.

Menurutnya, pengembangan aplikasi ini dilakukan oleh tim pengembang Indonesia yang bertalenta dalam waktu kurang dari satu bulan. Konten dan informasi di dalam Aplikasi Ayo Mudik ini didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk dapat menyajikan konten dan informasi yang terpadu, yaitu Kementerian Perhubungan, Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian RI, perusahaan telekomunikasi, perusahaan penyedia jasa dan produk internet dan masih banyak lainnya.

(ahl)

Baca Juga

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?