Padamnya Matahari dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Padamnya Matahari dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Foto : Reuters

JAKARTA – Matahari memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita di Bumi. Namun, tak banyak yang mengetahui mengapa matahari tak selalu menunjukkan dirinya.

Dalam buku 'Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah' disebutkan, akan datang suatu masa ketika akan berakhir dan punahnya semua kehidupan di Bumi karena matahari padam.

Bahkan, salah satu ayat di Alquran juga mengungkapkan,"Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui," bunyi Surah Yasin Ayat 38.

Alquran mengatakan bahwa matahari berjalan menuju waktu yang telah ditentukan dan akan melakukannya hanya sampai periode yang telah ditentukan pula. Hal ini bermakna bahwa akan ada suatu masa ketika matahari akan padam dan mati.

Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik', beberapa ayat Alquran juga telah menyebutkan bahwa matahari akan berhenti memancarkan sinarnya pada waktu yang telah ditetapkan Allah.

Surah Ar-Ra’d Ayat 2 juga menjelaskan mengenai umur matahari yang telah ditentukan Allah, “Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu.”

(kem)

Baca Juga

Yuk, Intip Keindahan 4 Kota Tertua di Dunia

Yuk, Intip Keindahan 4 Kota Tertua di Dunia