TOP TECHNO: Jenis Kelamin Janin Ditentukan Sperma dalam Penjelasan Alquran dan Sains

TOP TECHNO: Jenis Kelamin Janin Ditentukan Sperma dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Ilustrasi (Foto: Babycenter)

JAKARTA - Anak merupakan amanah yang dititipkan oleh Allah kepada orangtua. Apapun jenis kelamin anak, orangtua memiliki kewajiban untuk mendidik dan merawat anak hingga ia tumbuh besar.

Terkait penentuan jenis kelamin, apakah ia laki-laki atau perempuan, rupanya dapat dijelaskan berdasarkan Alquran dan sains. Dalam buku 'Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah' dijelaskan, penentuan jenis kelamin terjadi pada pembuahan dan tergantung pada jenis sel kromosom dalam sperma yang membuahi sel telur.

Jika sperma yang membuahi sel telur berkromosom X, maka janin akan perempuan. Sementara jika sperma membuahi sel telur berkromosom Y, maka janin akan berjenis kelamin laki-laki.

Sehingga, jenis kelamin janin ditentukan oleh sifat sperma bukan sel telur. Jenis kelamin anak, entah perempuan atau laki-laki, tergantung pada 23 pasang kromosom apakah XX atau XY.

"Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita. Dari air mani, apabila dipancarkan," bunyi Surah An-Najm: 45-46.

Kata ‘nutfah’ dalam bahasa Arab berarti sejumlah cairan, dan ‘tumna’ berarti ejakulasi atau ditanam. Karena nutfah secara khusus mengacu pada sperma, maka disebut ejakulasi.

"Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan," bunyi Surah Al-Qiyamah Ayat 37-39.

Di sini disebutkan bahwa sejumlah kecil sperma (ditunjukkan pada kata nutfatan min maniyyin) berasal dari laki-laki yang paling berpengaruh pada penentuan jenis kelamin.

Konon, kebanyakan ibu mertua di India, lebih suka memiliki cucu laki-laki dan sering menyalahkan menantu perempuan jika jenis kelamin cucunya beda dari yang diharapkan. Kalau saja mereka tahu bahwa faktor yang menentukan penentuan jenis kelamin adalah sperma laki-laki dan bukan sel telur perempuan.

(ahl)

Baca Juga

Terungkap! Galaksi Ubur-Ubur Ternyata Penyedia "Makan" Supermasif Black Hole

Terungkap! Galaksi Ubur-Ubur Ternyata Penyedia "Makan" Supermasif Black Hole