Fosil Gading Mamut dengan Berat 65 Kilogram Ditemukan di Siberia

Fosil Gading Mamut dengan Berat 65 Kilogram Ditemukan di Siberia

Foto : Daily Mail

MOSKOW – Mammoth atau mamut adalah gajah purba yang kini telah punah. Spesies ini tidak hanya terkenal dengan ukuran tubuhnya yang besar, tetapi ia juga memiliki gading yang sangat eksotis.

Bentuk gadingnya melingkar membentuk kurva ke arah dalam. Konon katanya, gading beserta tubuhnya ini terkubur bersama es di Kutub Utara.

Melansir Daily Mail, Minggu (18/6/2017), sebuah penggalian liar belum lama ini menemukan gading-gading tersebut di dekat jurang. Meski tak bisa sembarang orang mencapai tempat itu, seorang fotografer Radio Free Europe berhasil mengabadikan sekilas kehidupan para pemburu ilegal untuk menggali gading Mammoth di padang gurun Rusia.

Untuk menemukan Mammoth, pemburu harus menjelajahi Siberia dan melakukan perjalanan beberapa jam di dalam udara yang dingin. Fosil gading raksasa seberat 65 kilogram diklaim seharga USD34.000 dan tanduk badak wol juga memiliki harga USD14.000.

Fotografer Amos Chapple mengungkapkan para pemburu liar ini tidak memiliki jaminan mereka akan menemukan apa yang mereka cari. Pada akhir musim, banyak yang akhirnya kehilangan uang untuk ekspedisi mahal mereka.

Awalnya pemburu ilegal itu menggunakan tongkat yang diasah untuk merasakan sekeliling tanda-tanda tulang yang ada di bawahnya. Namun, kini pemburu liar itu menggunakan pompa air, dengan begitu mereka dapat mengeluarkan air dari sungai dan meledakkannya langsung ke tanah untuk diukir dalam lapisan es.

Chappel menggambarkan lingkungan di sana sangat keras. ”Bersama mereka untuk minggu pertama saya tidak melakukan apapun kecuali mencuci piring dan memotong kayu. Tidak ada yang menginginkan kamera di sana, sehingga saya menunggu sampai orang-orang itu bosan mengusir saya,” ujarnya.

(kem)

Baca Juga

Ngeri! Ini Penampakan Dua Hewan Berwajah Aneh

Ngeri! Ini Penampakan Dua Hewan Berwajah Aneh