Diam-Diam Rekam Ketikan Keyboard Pengguna, HP Tangani dengan Patch

Diam-Diam Rekam Ketikan Keyboard Pengguna, HP Tangani dengan Patch

(Foto: PC World)

CALIFORNIA – Konsumen laptop HP yang terekam ketikannya dapat dengan mudah diatasi berkat patch dari vendor PC tersebut. Sebuah perusahaan keamanan asal Swiss menyebutkan, lebih dari 2 lusin model laptop HP termasuk EliteBook, ProBook, dan ZBook, memiliki bug pada driver audio yang bertindak sebagai keylogger.

Beruntung, HP mulai meluncurkan perbaikan melalui halaman dukungannya dan dalam pembaruan Windows, seperti disampaikan Wakil Presiden HP, Mike Nash.

Masalah yang ditemukan memerungaruhi laptop HP tertentu yang dirakit sejak 2015. Dalam beberapa kasus, masalah tersebut menyimpan semua penekanan tombol keyboard (keystroke) yang direkam pada log file di PC.

Sementara itu, dalam kasus lain, bug akan melewati keystroke ke antarmuka debugging Windows pada mesin, sehingga memungkinkan untuk meng-capture gambar.

Perusahaan keamanan Modzero melihat masalah tersebut pada bulan lalu dan melaporkannya ke HP untuk melakukan investigasi dan memperbaiki masalahnya.


“Ada beberapa kode debugging pada driver audio yang keliru ditinggalkan di sana karena kecelakaan. Tujuannya (Modzero) adalah untuk membantu kami memecahkan masalah tersebut,” kata Nash.

Patch HP akan menghapus kekurangan dari driver audio serta menghapus log file yang menyimpan keystroke. Untuk tahap pertama, HP merilis patch untuk laptop rakitan 2016-2017. Kemudian di hari selanjutnya, HP menerbitkan patch untuk unit laptop rakitan mulai 2015.

Dilansir PC World, Senin (19/6/2017), HP telah melakukan pembicaraan dengan Conexant, pemasok driver audio terkait perbaikan masalah ini.

“Ini sesuatu yang seharusnya diidentifikasi dan dihapus oleh Conexant. Kami ingin memastikan ini tidak terjadi lagi,” ujar Nash.

(kem)
TAG : HP Laptop Bug Patch

Baca Juga

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?