Siapkah Manusia Menghadapi Internet of Things pada 2020?

Siapkah Manusia Menghadapi Internet of Things pada 2020?

Foto : Business Insider

CALIFORNIA – Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setidaknya akan ada 4 perangkat yang terhubung ke internet untuk setiap orang di Bumi dan terdiri dari Internet of Things (IoT).

Menurut penlitian dari Business Insider, lebih dari 24 miliar perangkat yang terhubung dengan internet akan dipasang di seluruh dunia pada 2020. Perangkat tersebut meliputi IoT dan kehadirannya akan mengubah dunia kita secara permanen.

IoT adalah hubungan antara dunia fisik manusia dan dunia digital data. Komputer, smartphone, smartwatch, tablet, TV modern, dan perangkat yang dapat dipakai adalah bagian dari IoT.

Tak hanya itu, seluruh transportasi kita, cara kita bekerja, dan bahkan bagaimana kita bersosialisasi semuanya akan berubah karena IoT.

Meski banyak hal yang mendorong pertumbuhan IoT, ada beberapa tren dasar yang mudah dikenali. Konektivitas internet berkembang dan akan segera tiba di mana-mana. Misalnya, pada 2018 New York ditetapkan menjadi negara bagian pertama yang membawa akses broadband ke setiap rumah tangga, bahkan di daerah perdesaan.

Faktor lainnya adalah teknologi mobile yang akan berkembang dengan cepat. Namun, saat IoT tumbuh, tantangan keamanan akan muncul dan kemungkinan masalah privasi yang dapat mempengaruhi hak individual manusia.

Tetapi cara terbaik untuk menanggapinya adalah dengan merencanakan masalah ini dan bersiap menghadapi mereka. Demikian dilansir dari Futurism, Senin (19/5/2017).

(kem)

Baca Juga

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?

Aplikasi Gmail yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Apa Saja?