Elon Musk Tunda Peluncuran Falcon 9, Kenapa?

Elon Musk Tunda Peluncuran Falcon 9, Kenapa?

Foto : Space

HAWTHRONE – Bukan pertama kalinya SpaceX menunda peluncuran sebuah roket. Kali ini, roket Falcon 9 mengalami hal serupa.

Laporan Space.com, Senin (19/6/2017), keterlambatan tersebut berarti SpaceX akan meluncurkan roket Falcon 9 yang sebelumnya diterbangkan dengan satelit BulgariaSat-1 dari Kennedy Space Center milik NASA di Florida, kemudian meluncurkan misi satelit komersial lainnya pada Minggu 25 Juni dari Vandenberg Air Force Base di California.

Penerbangan tersebut dikabarkan akan menggunakan Falcon 9 baru untuk meluncurkan 10 satelit baru untuk perusahaan yang berbasis di Virginia Iridium. Perusahaan tersebut membangun konstelasi 70 satelit untuk jaringan komunikasi seluler Iridium NEXT-nya.

CEO dan Pendiri SpaceX, Elon Musk men-tweet di akun Twitter miliknya, bahwa penundaan peluncuran BulgariaSat-1 karena tindakan pencegahan atas keselamatan. Insinyur SpaceX membutuhkan waktu untuk mengganti katup pneumatik pada fairing, membersihkan puing-puing yang menutupi satelit saat lepas landas.

Sebagai informasi, SpaceX telah meluncurkan pesawat Dragon yang dilengkapi dengan kapsul robot dan berisi persediaan NASA untuk International Space Station (ISS). Dijadwalkan, Dragon akan kembali ke Bumi pada awal Juli.

(kem)

Baca Juga

Nvidia Akan Kerja Sama dengan Produsen Mobil <i>Self-Driving</i> pada 2021

Nvidia Akan Kerja Sama dengan Produsen Mobil Self-Driving pada 2021