Jack Ma: Jangan Terpaku pada Kompetitor!

Jack Ma: Jangan Terpaku pada Kompetitor!

(Foto: Reuters)

JAKARTA – Saat ini masyarakat telah dimudahkan dalam hal apa pun. Kemudahan tersebut juga dirasakan saat masyarakat ingin membeli sesuatu namun tidak perlu keluar rumah. Masyarakat kini dapat memanfaatkan internet untuk berbelanja dengan online di toko online manapun yang mereka inginkan.

Salah satu raksasa dunia dalam dunia e-commerce ini adalah Alibaba. Alibaba merupakan perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma pada 1999 yang saat itu menjadi kompetitor perusahaan sejenis seperti Amazon yang telah hadir lima tahun lebih dulu.

Saat ini Jack Ma telah sukses besar dengan Alibaba-nya dan ia pun telah menjadi orang paling kaya di negaranya, China. Dalam menjalankan bisnisnya, Jack Ma berfokus dengan bagaimana bisa menjual sesuatu ke para pelanggannya dan bisa dikatakan bahwa ia tidak terlalu memerhatikan para kompetitornya.

Dalam quotes-nya Jack Ma mengatakan, “Lupakan soal pesaing Anda, fokuslah pada pelanggan Anda.”, inilah salah satu quotes yang menjadikannya hingga menjadi seperti sekarang ini. Jack Ma fokus kepada pelanggannya untuk meraih sukses dengan perusahaan Alibaba-nya tersebut. Diketahui hingga Juni 2017 nilai perusahaan Alibaba Group menyentuh angka USD360 miliar.

(kem)

Baca Juga

Mantap! Modal Plastik, Buruh Pabrik Ini Miliki Harta Rp453 Triliun

Mantap! Modal Plastik, Buruh Pabrik Ini Miliki Harta Rp453 Triliun