Menteri Kominfo: Jaringan Seluler Akan Siap Melayani hingga di Tol Baru Pulau Jawa

Menteri Kominfo: Jaringan Seluler Akan Siap Melayani hingga di Tol Baru Pulau Jawa

(Foto: Okezone / Moch Prima Fauzi)

JAKARTA – Menteri Kominfo menyampaikan bahwa jaringan telekomunikasi di tol baru di Pulau Jawa yang tengah dirampungkan persiapannya untuk memperlancar perjalanan mudik Lebaran 2017 nanti akan siap melayani pemudik dalam perjalanan.

"Oh iya, semua (tol). Pokoknya yang di Jawa," kata Menteri Rudiantara kepada awak media usai acara Laporan Persiapan Jaringan Telekomunikasi dalam Menghadapi Mudik 2017 di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Adapun langkah antisipasi dari para operator untuk mengawal mudik Lebaran 2017 ialah dengan melakukan penambahan BTS bergerak (mobile). Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk memeriahkan mudik kali ini.

"Antisipasi yang disiapkan mobile BTS dari hampir seluruh operator untuk memiliki tambahan kapasitas sementara. Secara keseluruhan anggota operator ATSI sudah siap memeriahkan lebaran tahun ini," kata Ketua ATSI, Merza Fachys.

Merza juga memastikan bahwa operator seluler siap melakukan pengawasan baik secara regional dan nasional untuk antisipasi hal lain yang terjadi di lapangan.

"Seluruh operator siap melakukan pengawasan dan monitoring di mana pun regional dan nasional. Kita juga membantu titik komando tambahan untuk antisipasi jika misalkan ada jaringan menurun dan dari segi teknis maupun lainnya," imbuhnya.

Kembali menurut Rudiantara saat ini para operator telah menyiapkan tambahan BTS dengan total unit sebanyak 300 BTS yang disebar di daerah-daerah yang berpotensi terjadi kemacetan parah.

"Pengawalan di kawasan yang punya potensi macet yang dulu di Brexit sekarang agak ke timur. Kemudian ada juga di beberapa jalan fungsional," tuntasnya.

(kem)

Baca Juga

Mengenal Fitur Asisten Digital Bixby Pesaing Siri dan Google Assistant

Mengenal Fitur Asisten Digital Bixby Pesaing Siri dan Google Assistant