Menkominfo: 300 BTS Siap 'Kawal' Arus Mudik 2017

Menkominfo: 300 BTS Siap 'Kawal' Arus Mudik 2017

Menkominfo Rudiantara (Foto: Moch Prima/Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa persiapan tradisi mudik 2017 berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun ini, terdapat tambahan jumlah BTS yang lebih banyak serta adanya aplikasi penunjang mudik bernama 'Ayo Mudik'.

"Sebenarnya kegiatan ini sudah rutin dilakukan, yang harus kita buat adalah yang beda dari tahun kemarin apa. Kalau laporan gitu-gitu aja sama dengan tahun lalu," kata Rudi dalam acara Laporan Persiapan Mudik 2017 di gedung Kemkominfo, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Menurutnya, saat ini telah ada 300 base transceiver station (BTS) dari semua operator yang akan mengawal mudik selama lebaran. Semua BTS tersebut akan disebar di daerah-daerah yang diperkirakan menjadi titik kemacetan.

Selain itu, terdapat pula aplikasi yang terintegrasi dengan semua informasi tentang mudik.

"Pertama, saya tidak tahu berapa jumlahnya tahun lalu, tapi tahun ini jumlah BTS yang dipakai ada 300 di daerah yang diperkirakan macet. Kedua, kita coba buat nyaman pemudik. Kesiapan mudik semua diintegrasikan dalam aplikasi Ayo Mudik," katanya.

Ia pun memperkirakan jika di tahun lalu titik macet berada di tol Brexit, maka tahun ini kemacetan diperkirakan bakal terjadi di kawasan yang lebih ke timur.

Namun Rudi berharap bahwa arus transportasi tahun ini akan lebih lancar. Menurutnya, jika transportasi lancar, maka sektor telekomunikasi pun akan ikut lancar.

"Kalau transportasi tidak lancar yang ketiban purung adalah telekomunikasi. Karena kalau macet semua pakai ponsel, semua ngasih tahu saya lagi di mana, semua kirim foto, semua browsing, dan lain sebagainya," ungkap pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

(kem)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih