Robot 'Ular' Ini Bisa Bantu Misi Penyelamatan

Robot 'Ular' Ini Bisa Bantu Misi Penyelamatan

Dok. Daily Mail

TOKYO – Sebuah robot berbentuk ular dengan ukuran sepanjang 26 kaki telah diciptakan oleh peneliti Jepang. Robot ini nantinya bisa dipergunakan untuk membantu misi penyelamatan dalam bencana skala besar.

Robot yang dinamai Bizarre Machine ini bisa memanjat pohon dan puing. Sehingga bisa membantu untuk mencari orang yang terjebak di tempat-tempat yang terkena gempa atau tsunami.

Ini menjadi robot berbentuk ular pertama di dunia yang dilengkapi dengan kamera yang bisa bergerak-gerak di lantai. Robot berbobot 3 kg ini, telah berjalan-jalan dengan kecepatan 10 cm per detiknya.

Profesor Satoshi Tadokoro, peneliti dari Tohoku University, Sendai, Jepang mengatakan misi penyelamatan yang dilakukan oleh robot ini bisa melebihi kapasitas seorang manusia. Bahkan, robot ini juga bisa mencari korban di rumah-rumah yang rusak dan melakukan pengecekan apakah infrastruktur tersebut aman.

Seperti dinukil dari laman Daily Mail, robot ini sendiri telah diuji. Dari pengujian tersebut ditemukan sebuah masalah pada kamera yang bisa terhambat oleh puing-puing. Namun, tim berusaha untuk memperbaikinya sekarang.

Bukan hanya robot ‘ular’ ini yang mulai diperkenalkan di Jepang. Namun peneliti di Jepang juga menciptakan sebuah robot yang bisa berenang di dalam air. (afr)

(kem)

Baca Juga

Astronom Temukan Bintang Selain Matahari di Tata Surya

Astronom Temukan Bintang Selain Matahari di Tata Surya