4 Tips WhatsApp yang Berguna untuk Para Pemudik

4 Tips WhatsApp yang Berguna untuk Para Pemudik

(Foto: WhatsApp)

JAKARTA - WhatsApp tidak hanya menyediakan layanan pesan instan, tetapi juga menampilkan beragam fitur untuk para pengguna. Pada event mudik lebaran tahun ini, pemanfaatan WhatsApp untuk mendukung komunikasi secara lebih maksimal terbantu dengan fitur-fitur berikut ini.

Kirim Lokasi atau Nomor Kontak

Ada suatu kondisi di mana pengguna perlu mengirimkan lokasi keberadaan atau nomor kontak kepada keluarga yang tengah menunggu di kampung halaman. Untuk mengirimkan lokasi atau nomor kontak, pengguna bisa menuju icon paperclip di bawah layar, lalu pilih Location atau Contact.

Video Call

WhatsApp telah memiliki fitur video call yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan mengandalkan kamera depan ponsel. Ketika berada di rest area atau tempat istirahat, pengguna bisa bercakap-cakap dengan keluarga dengan fitur video call agar obrolan terasa lebih dekat dan hangat.

Untuk menggunakannya, pengguna bisa mengklik terlebih dahulu akun WhatsApp anggota keluarga. Kemudian, temukan di bagian atas icon camera, klik untuk memulai video call.

Buat Grup Keluarga

Fitur Grup tentu sudah banyak pengguna WhatsApp yang mengetahui. Namun, bila saat ini grup hanya berisi rekan kerja atau rekan satu angkatan sekolah, maka manfaatkan fitur New Group yang terdiri dari anggota keluarga agar percakapan bisa lebih mudah tersebar untuk seluruh anggota keluarga.

Untuk membuat grup baru, pengguna bisa menemukan icon opsi di pojok kanan atas. Icon tersebut tampak menunjukkan lambang tiga titik yang dapat diklik, lalu pengguna bisa menuju New Group dan memilih akun-akun WhatsApp yang masuk dalam grup.

Gunakan Pinned Chat

Ketika sedang dalam perjalanan mudik, pengguna mungkin akan lebih intens berkomunikasi dengan keluarga. Agar obrolan bisa lebih cepat, pengguna dapat memanfaatkan pinned chat untuk menempatkan posisi orang-orang terpenting di posisi paling atas dari kolom Chats.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa menahan atau tekan lama pada salah satu akun WhatsApp untuk menandainya, lalu temukan di bagian atas icon jarum, klik dan pengguna telah berhasil melakukan pinned chat pada akun tersebut. (ahl)

(kem)

Baca Juga

Nih 3 Trik WhatsApp di Android yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Nih 3 Trik WhatsApp di Android yang Mungkin Belum Anda Ketahui