Tips Melakukan Reset NVRAM dan SMC pada MacBook

Tips Melakukan Reset NVRAM dan SMC pada MacBook

Foto: Dok. MacWorld

JAKARTA – Tidak bisa dimungkiri, pengguna MacBook kerap dihadapkan oleh masalah pada gadget yang digunakan tersebut. Karena itulah, Anda perlu untuk melakukan reset kembali.

Beberapa hal yang perlu di-reset antara lain pada NVRAM dan SMC Anda. Dinukil dari laman Mac World, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk me-reset keduanya.

Melakukan reset NVRAM

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk melakukan reset NVRAM ini yakni dengan shut down Mac Anda. Kemudian telah tombol power, begitu mendengar suara startup, tahan command-option-P-R. Tetap tekan tombol tersebut sampai ada mendengar suara startup kedua.

Kemudian biarkan Mac Anda menyala lagi dengan normal. Hal terakhir yang perlu dilakukan yakni dengan mengecek startup disk, display, dan date time pada system preferences untuk memastikan bahwa Anda sudah mengaturnya seperti yang Anda inginkan.

Mereset SMC

Desktop Mac: Guna melakukan reset SMC pada Mac Anda, lepaskan kabel daya dan tunggu hingga 15 detik dan pasangkan kembali. Lakukan hal yang sama, tunggu lima detik dan nyalakan MacBook Anda kembali.

Portable Mac non-removable batteries: Matikan dan lepaskan kabel Anda. Tekan tombol Shift, option dan Control di sisi kiri, tekan semua tombol tersebut selama 10 detik. Lalu lepaskan dan sambungkan adaptor dan hidupkan Mac ada kembali.

Portable Macs with removable batteries: Shut down MacBook Anda. Lepaskan kabel daya dan lepaska baterai. Tekan tombol power dan tahan selama lima detik. Kemudian lepaskan dan sambungkan kembali dengan kabel daya dan hidupkan Mac Anda. (afr)

(kem)
TAG : Tips trik techno

Baca Juga

7 Tips Ini Bikin Baterai Ponsel Anda Tahan Lama (2-Habis)

7 Tips Ini Bikin Baterai Ponsel Anda Tahan Lama (2-Habis)