Melancong ke Amerika Serikat Kini Wajib Tunjukkan Bitcoin

Melancong ke Amerika Serikat Kini Wajib Tunjukkan Bitcoin

Foto : Reuters

CALIFORNIA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali membuat kebijakan khusus bagi para pelancong. Setelah sebelumnya mewajibkan pemeriksaan akun media sosial, pendatang kini harus menunjukkan uang kripto atau uang digital yang dimilikinya.

Aturan baru ini diusulkan oleh Sen Chuck Grassley dalam sebuah Undang-undang (UU) di AS. Aturan yang diperkenalkan 25 Mei 2017 tersebut mengusulkan agar pendatang ke AS menunjukkan mata uang digital mereka, seperti Bitcoin.

Namun bukan berarti semua pendatang wajib menunjukkan kepemilikan bitcoin, hanya mereka yang wajib lapor adalah yang memiliki uang digital senilai lebih dari USD10.000 atau setara Rp132,9 juta.

Gagasan ini muncul karena mata uang digital bisa mengikuti si pemilik ke mana saja dan seolah sudah menjadi barang yang berharga. Bitcoin jelas berbeda dengan mata uang lainnya, namun hingga kini masih belum diketahui bagaimana cara mereka melihat seseorang dari nilai mata uang digital yang berjumlah ratusan juta.

Menurut pandangan Investopedia, pihaknya menyarankan kepada undang-undang kepatuhan pajak asing untuk mengatur pertukaran bitcoin ini. Atau mungkin semacam sistem pemantauan global untuk mengawasi hal ini. Demikian dinukil dari Ubergizmo, Selasa (20/6/2017).

(kem)

Baca Juga

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)