2019, Uni Eropa Ingin Miliki Peraturan Drone seperti AS

2019, Uni Eropa Ingin Miliki Peraturan Drone seperti AS

(Foto: Android Authority)

PARIS - Uni Eropa rupanya tak ingin ketinggalan soal pengaturan drone. Oleh sebab itu, Komisi Uni Eropa menyatakan bahwa mereka ingin memiliki peraturan untuk operasi yang aman dari drone pada 2019.

Pada akhirnya, Uni Eropa mengatakan bahwa mereka ingin menciptakan sistem manajemen lalu lintas untuk drone yang serupa dengan kontrol lalu lintas udara untuk pesawat berawak.

Namun dalam waktu dekat, komisi tersebut mengatakan bahwa dalam dua tahun ke depan, pihaknya berencana untuk memiliki sistem pendaftaran Eropa untuk drone, sebuah solusi untuk mencegah drone terbang di atas wilayah terlarang dan identik jarak jaruh dari pesawat berawak.

Langkah ini akan menampatkan Uni Eropa pada kecepatan yang sama dengan Amerika Serikat (AS) ketika Federal Aviation Administration (FAA) menciptakan sebuah komite baru pada Maret untuk mengerjakan sebuah sistem identifikasi jarak jauh untuk pesawat berawak.

AS saat ini sudah memutuhkan pilot komersial untuk mendaftarkan pesawat mereka, namun pada Mei 2017 pengadilan federal AS melarang peraturan pendaftaran untuk pilot non-komersial yang menyatakan bahwa FAA tak memiliki wewenang untuk mengatur penggemar.

Akan tetapi untuk pengidentifikasian jarak jauh terhadap drone yang akan penting untuk keamanan dan pengelolaan lalu lintas, pesawat terbang mungkin perlu terdaftar di suatu tempat atau drone akan berpotensi seperti mobil tak bertanda di jalan.

AS memiliki peraturan untuk tidak terbang di atas wilayah udara yang dibatasi, namun peraturan tersebut tidak diperlukan untuk matang dalam software drone seperti dalam bentuk pagar geo.

Sebaliknya, di AS, pilot diinstruksikan untuk mengindari terbang di area terlarang, meskipun banyak pabrik termasuk pagar geo di pesawat tak berawak mereka. AS tak mungkin akan mengajukan aturan identifikasi jarak jauh tanpa sistem registrasi untuk pesawat tak komersial, karena penegak hukum telah menyuarakan kekhawatiran soal tidak dapat mengidentifikasi pilot.

Jika timeline Uni Eropa direalisasikan, Eropa mungkin akan beralih dari Amerika Serikat. Uni Eropa mengatakan motivasinya untuk menetapkan tanggal jatuh tempo peraturannya adalah untuk memposisikan Eropa sebagai pemimpin dunia di teknologi pesawat tak berawak.

Aturan drone EU-wide saat ini hanya mengatur pesawat tak berawak yang beratnya mencapai 330 lbs dan negara-negara anggota diberi tugas untuk membuat peraturan nasional mereka sendiri.

"Fragmentasi semacam itu menghambat pengembangan produk baru, pengenalan teknologi yang cepat dan juga dapat menciptakan risiko keselamatan," demikian bunyi sebuah pernyataan mengenai timeline peraturan drone baru dari Uni Eropa yang dikutip Recode, Selasa (20/6/2017).

(din)

Baca Juga

Nah Lho! Amazon Saingi Apple Garap Kacamata Pintar?

Nah Lho! Amazon Saingi Apple Garap Kacamata Pintar?