Ilmuwan China Kembangkan Superkomputer Tercepat

Ilmuwan China Kembangkan Superkomputer Tercepat

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Sempat dipandang sebelah mata, China kini bangkit dengan beragam teknologi yang tak kalah mumpuni dari negara barat. Negara Tirai Bambu itu bahkan mulai melejit dengan penjualan smartphone secara global.

Meski demikian kemajuan teknologi yang dimiliki China, tak sampai hanya di situ. Negara itu diketahui memiliki superkomputer tercepat di dunia memiliki pemrosesan pada 93 teraflops.

Bernama Sunway TaihuLight, superkomputer itu bahkan dinobatkan sebagai superkomputer tercepat dalam daftar Top500.

“Ini menyoroti kemampuan China untuk melakukan penelitian independen di bidang superkomputer,” kata Haohuan Fu, wakil direktur National Supercomputing Center kepada kantor berita Xinhua dikutip dari IB Times, Selasa (20/6/2017).

“China secara bersamaan mengembangkan teknologi hardware dan software superkomputer. Diharapkan akan menghasilkan uji coba teknik dan dan uji coba yang lebih kuat di berbagai bidang, sehingga mendorong peningkatan industri dan pada akhirnya sebuah pengembangan berkelanjutan industri superkomputer rumahan di China,” imbuh Fu.

Selain Sunway TaihuLight, ada beberapa superkomputer lainnya yang juga memiliki kecepatan super seperti Tainhe-2 yang memiliki kecepatan 33,9 petaflops.

Posisi ketiga ditempati oleh upgrade Piz Daint, sebuah sistem di Swiss Supercomputer Center nasional. Titan AS berada di tempat keempat, dengan performa 17,6 petaflops, yang konstan sejak 2012.

"Ini adalah kedua kalinya dalam 24 tahun daftar TOP500 bahwa Amerika Serikat telah gagal untuk mengamankan salah satu dari tiga posisi terats," kata penyelenggara TOP500 dalam sebuah pernyataan.

"Namun demikian AS masih menempati posisi lima besar dari 10 superkomputer teratas, yang lebih tinggi dibanding negara lain," kata panitia.

(kem)

Baca Juga

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)