2053, Robot Mulai Ambil Alih Pekerjaan Manusia

2053, Robot Mulai Ambil Alih Pekerjaan Manusia

(Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Seiring dengan perkembangan teknologi, robot akan segera mengambil alih pekerjaan manusia. Saat ini saja, telah ada teknologi kecerdasan buatan yang dapat berperan sebagai asisten manusia.

Maka tak heran, pada 2027 manusia diprediksi tak akan lagi berada di belakang kemudi kendaraan atau pada 2053, tangan-tangan manusia diprediksi tak akan lagi terlibat dalam operasi yang rumit.

Menurut sebuah studi baru dari para peneliti Oxford dan Yale University, itu merupakan tahun-tahun kecerdasan buatan atau yang dijadwalkan mengambil alih setiap tugas tersebut.

Para peneliti menemukan, ini akan menghasilkan jutaan pekerjaan lainnya selama 50 tahun ke depan. Studi ini mengandalkan tanggapan survei terhadap 352 peneliti AI yang memberikan pendapat mereka saat mesin masa depan akan menggantikan manusia untuk beragam tugas.

Peneliti utama Katja Grace dan rekan-rekannya menemukan bahwa tugas yang paling mungkin dilakukan untuk otomatis dalam 10 tahun ke depan adalah hafalan, tugas mekanis.

Sementara itu, terjemahan bahasa bisa melampaui kinerja manusia pada 2024, responses indicated dan robot mungkin bisa menulis esai tingkat sekolah tingkat tinggi yang lebih baik dibanding manusia pada 2026.

Tugas yang lebih kompleks dan kreatif seperti menulis buku dan melakukan matematika tingkat tinggi akan memakan waktu lebih lama. Pada akhirnya, para peneliti menemukan bahwa AI bisa mengotomisasi semua tugas manusia pada 2051 dan semua pekerjaan manusia pada 2136.

"Kemajuan dalam kecerdasan buatan akan mengubah kehidupan modern dengan membentuk kembali transportasi, kesehatan, sains, keuangan, dan militer," tulis para peneliti yang dilaporkan Business Insider, Selasa (20/6/2017).

"Hasil ini akan menginformasikan diskusi antara peneliti dan pembuat kebijakan tentang mengantisipasi dan mengelola tren AI," lanjutnya.

(kem)

Baca Juga

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)