Berhasil Bobol Celah Bank, Pria Ini Tambah Daftar Kasus Peretasan di Inggris

Berhasil Bobol Celah Bank, Pria Ini Tambah Daftar Kasus Peretasan di Inggris

(Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Seorang pria berusia 24 tahun telah mengekspolitasi kerentanan pada sistem komputer sebuah bank Inggris. Ia mencuri hampir 100 ribu poundsterling dan telah dipenjara selama 16 bulan setelah membeli dua mobil.

James Ejankowski, dari East Riding of Yorkshire, mengaku bersalah melakukan kecurangan bersama rekannya Charlotte Slater yang berusia 26 tahun yang mencuri 99 ribu poundsterling dari Bank Clydesdale dan Yorkshire pada Desember 2016 dengan menggunakan bug.

Menurut Gazette Live, ia menggunakan kelemahan komputer bank untuk mentransfer uang yang bukan rekeningnya sendiri. Dia kemudian menyalurkan uang itu melalui rekening bank Natwest milik rekannya dan mengatakan kepada keluarganya bahwa ia memenangkan uang tunai.

"Dia telah menunjukkan niatnya untuk membayar semua uangnya kembali saat dia bisa melakukannya," kata pengacara Ejankowski Andrew Turton kepada Teesside Crown Court.

Dilansir IB Times, Rabu (21/6/2017), ada sejumlah insiden hacking selama 12 tahun terakhir. Peretasan ini turut menambah deretan kasus peretasan di wilayah tersebut. Di Inggris, sebuah celah layanan online Bank Tesco menghasilkan 2,5 juta poundsterling yang dicuri dari 9.000 pelanggan.

(kem)

Baca Juga

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)

Ini 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Skype (2-Habis)