Komputer Pertama Apple Dilelang dengan Harga Fantastis

Komputer Pertama Apple Dilelang dengan Harga Fantastis

(Foto: Christie's New York)

CUPERTINO - Mungkin Anda berpikir bahw MacBook terbaru saat ini sangat mahal. Namun, siapa sangka justru komputer personal perusahaan pertama justru memiliki harga selangit.

Dilaporkan Cnet, Senin (20/6/2017), pekan lalu Apple-1 Personal Computer terjual sekira USD355,000 atau sekira Rp4 miliar dalam sebuah lelang yang selenggarakan oleh Christie's New York.

PC Apple-1, komputer pribadi pertama Apple yang dipasang oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs di garasi pribadi. Meskipun komputer hadir tanpa casing dan power supply, komputer ini adalah motherboard pertama yang memiliki motherboard tersendiri, yang membedakannya dengan pesaing.

Keberhasilan Apple-1 saat itu dikreditkan sebagai kekuatan yang melambungkan Apple ke dalam industri komputasi personal. Meksi angka Rp4 miliar terdengar menggelitik untuk PC 1976, namun ini adalah penjualan Apple-1 termurah sampai saat ini.

Pada lelang sebelumnya, komputer sejenis menghasilkan USD671,400 atau sekira Rp8 miliar pada 2013 dan USD905,000 atau sekira Rp12miliar. Apple-1 awalnya dijual seharga USD666.66 dan sekarang hanya 66 komputer yang masih ada.

(din)

Baca Juga

6 Kamera <i>Waterproof</i> Terbaik yang Harus Dimiliki (2-Habis)

6 Kamera Waterproof Terbaik yang Harus Dimiliki (2-Habis)