Demi 1,6 Miliar Orang, Facebook Akan Luncurkan Pesawat Bertenaga Surya

Demi 1,6 Miliar Orang, Facebook Akan Luncurkan Pesawat Bertenaga Surya

Foto : Getty Images

CALIFORNIA – Setelah memerangi konten negatif di platform-nya, kini Facebook tengah melanjutkan misinya untuk mengubungkan lebih banyak orang di dunia, dengan uji coba Aquila.

Aquila, sebuah pesawat yang dirancang oleh Inggris untuk melancarkan jaringan komunikasi dan internet secara luas. Aquila secara resmi telah diumumkan oleh Facebook sejak dua tahun lalu, alat ini akan menciptakan radius komunikasi sejauh 50km hingga 90 hari di daerah terpencil atau berpenghasilan rendah.

Pesawat bertenaga surya ini dirancang untuk tinggal di udara selama berbulan-bulan dan akan memproyeksikan sinyal yang dapat dikonversi menjadi koneksi wifi atau LTE, dengan piring kecil atau menara. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi biaya pemasangan infrastruktur standar yang mendukung jaringan bergerak, terutama di wilayah yang memungkinkan perusahaan tidak akan diberi kompensasi atas usaha mereka.

Aquila memiliki struktur dasar yakni sebuah tantangan, karena ia menentang dimensi umum dengan sayap Boeing 737 dan memiliki bobot sepertiga sekira mobil listrik. Artinya Aquila dapat bertahan di udara dengan kecepatan sekira 10-15mph sehingga dapat membuat koneksi wifi dan LTE.

Pesawat tersebut juga telah menjalani uji coba untuk pertama kalinya pada Juli selama 96 menit, dan perusahaan tersebut juga telah memiliki beberapa hal untuk memperbaiki Aquila. Seperti masa pakai baterai dan efisiensi biaya. Demikian dinukil dari PC Authority, Senin (3/7/2017).

(kem)

Baca Juga

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya

Sedih! Dropbox Ditinggal CTO-nya