Dianggap Tak Bersalah, Facebook Selamat dari Gugatan Hukum

Dianggap Tak Bersalah, Facebook Selamat dari Gugatan Hukum

(Foto: Reuters)

SAN JOSE - Pengadilan federal di San Jose, California, menolak sebuah tuntutan hukum privasi terhadap Facebook belum lama ini. Hakim Distrik AS Edward Davila memutuskan, Facebook tak melanggar undang-undang privasi dan peraturan penyadapan California.

Hakim Distrik AS AS Edward Davila memutuskan bahwa Facebook tak melanggar peraturan penyadapan California dan privasi dengan melacak kebiasaan browsing dari pengguna yang menghapus akun Facebook mereka.

Davila membuat kesimpulan yang sama sehubungan dengan kemungkinan pelanggaran undang-undang privasi federal yang mencatat bahwa penggugat tidak membuat kasus itu meyakinkan saat mengklaim bahwa Facebook melanggar privasi online mereka.

Tuntutan hukum tersebut awalnya diajukan pada 2012 dan sudah diberhentikan pada awal akhir 2015 oleh hakim yang sama, sebelum direvisi minggu lalu.

Dikutip dari Android Headlines, Selasa (4/7/2017) Davila masih mengatakan bahwa tuntutan hukum tersebut bisa direvisi dan disempurnakan sehubungan dengan potensi pelanggaran kontrak di pihak Facebook, meskipun tetap harus dilihat apakah proses pengadilan tersebut berlanjut.

Putaran kejadian terbaru ini merupakan kemenangan hukum bagi Facebook yang menjadi preseden dan mungkin juga mencegah tuntutan hukum terkait cookie yang diajukan terhadap perusahaan tersebut.

Praktik perusahaan umumnya tercantum dalam persyaratan layanan, yang kemungkinan mengarah pada kemenangannya dalam kasus ini dengan Davila menyimpulkan bahwa penggugat tak memiliki ekspektasi privasi yang wajar saat menyetujui menggunakan layanan ini.

(din)

Baca Juga

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?

Setelah Caplok HTC, Mampukah Google Geser Dominasi Apple-Samsung?