Alquran dan Sains Jelaskan Langit yang Dipenuhi Pintu-Pintu

Alquran dan Sains Jelaskan Langit yang Dipenuhi Pintu-Pintu

(Foto: NASA)

JAKARTA – Langit yang menghiasi Bumi dan menjadi atap bagi manusia, memiliki berbagai materi. Meski tak dapat dilihat dengan mata telanjang, berbagai materi ini menjadi bukti bahwa langit tidaklah kosong.

Dijelaskan dalam buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah, studi-studi astronomi membuktikan bahwa langit tidak kosong, melainkan dipenuhi oleh materi-materi. Beragam materi langit yakni dalam bentuk gas seperti hidrogen, helium, dan sedikit oksigen, nitrogen, neon, dan uap air.

Selain itu, ada pula materi dalam bentuk padat dan beragam sinar seperti sinar inframerah, sinar X dan sinar Gamma. Semua materi ini semakin meyakinkan manusia bahwa langit adalah bangunan yang kukuh, dipenuhi dengan materi, dan energi, serta tak mungkin diterobos kecuali dengan membuka pintu-pintunya.

Pintu-pintu langit juga telah dijelaskan Allah dalam firmanNya.

“Dan, kalau Kami bukakan kepada mereka salah satu pintu langit, lalu mereka terus menerus naik ke atasnya, tentulah mereka berkata ‘Sesungguhnya, pandangan kamilah yang di kaburkan, bahkan kami adalah orang yang terkena sihir’” Surah Al Hijr Ayat 14-15.

Sebagaimana langit yang dipenuhi pintu-pintu yang kokoh, tingkat teratas dari atmosfer, yang membungkus bola bumi juga dipenuhi oleh pintu-pintu. Oleh karenanya, jika pesawat antariksa hendak keluar dari atmosfer, ia harus menempuh jalur tertentu dan terbatas.

Pesawat juga harus melewati sudut dan jalur tertentu agar selamat dari area gravitasi Bumi menuju angkasa. Tanpa melalui jalur itu, pesawat akan terbakar.

Sebaliknya, jika pesawat antariksa hendak kembali ke Bumi, ia harus masuk melalui pintu-pintu dan jalur tertentu dalam tingkat teratas dari atmosfer. Jika tidak, ia akan tetap berada di luar angkasa atau terbakar.

(kem)

Baca Juga

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Duh! Badai Dahsyat Hantam Teleskop Radio Terbesar di Dunia