Speaker Pintar Ini Selamatkan Nyawa Manusia, Kok Bisa?

Speaker Pintar Ini Selamatkan Nyawa Manusia, Kok Bisa?

(Foto: Reuters)

SAN FRANCISCO - Smart home memperingatkan pihak berwenang untuk melakukan penyerangan di sebuah kediaman di New Mexico awal pekan ini.

Hal itu bermula saat Eduardo Barros sedang duduk bersama dengan pacarnya dan putrinya pada Minggu malam di sebuah tempat tinggal di Tijeras. Menurut juru bicara Bernalillo County Sheriff Department, Deputy Felicia Romero, pasangan tersebut bertengkar hingga berujung pada dengan kekerasan fisik.

Barros diduga menggunakan senjata api dan mengancam akan membunuh pacarnya. Namun, menurut Remero, smart speaker yang terhubung ke sistem suara mengenali suara sekitar di dalam rumah, mengenali sebagai perintah suara dan menelpon 911.

Departemen Sheriff mengatakan, deputi tiba di tempat kejadian dan mampu menyingkirkan perempuan dan putrinya dari tempat kejadian. Perempuan itu menderita luka akibat perselisihan namun tak dibawa ke rumah sakit. Sementara putrinya, menurut Romero tak mengalami luka.

Tim negosiasi krisis dan juga tim SWAT dikirim ke rumah dan bisa membawa Barros ke tahanan setelah berdiam diri selama berjam-jam. Pihak berwenang mengatakan, perangkat pintar itu berpotensi memainkan peran menyelamatkan nyawa dalam insiden itu.

"Penggunaan tak terduga teknologi baru ini untuk menghubungi layanan darurat mungkin membantu menyelamatkan nyawa. Teknologi yang menakjubkan ini benar-benar membantu menyelamatkan seorang ibu dan anaknya dari situasi yang sangat kejam," kata Sheriff Bernalillo County Manuel Gonzales III dalam sebuah pernyataan kepada ABC News, Senin (10/7/2017).

Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh ABC News, Barros menghadapi tuduhan seperti memiliki senjata api atau alat perusak dan memperparah serangan terhadap anggota rumah tangga. (din)

(kem)

Baca Juga

Yuk, Berkenalan dengan Drone yang Dipakai di Countdown to Asian Games 2018

Yuk, Berkenalan dengan Drone yang Dipakai di Countdown to Asian Games 2018