Ngeri, Ilmuwan Berhasil Bikin Miniatur Jantung Manusia dari Organ Tikus

Ngeri, Ilmuwan Berhasil Bikin Miniatur Jantung Manusia dari Organ Tikus

(Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Miniatur jantung manusia berhasil diciptakan di laboratorium. Menariknya, jantung itu diciptakan dari jantung seekor tikus.

Ilmuwan menelanjangi sel-sel dari organ tikus yang kemudian diunggulkan dengan sel manusia yang berhasil berubah menjadi sel jantung. Peneliti mengatakan terobosan tersebut bisa merevolusi pengujian obat-obatan terlarang, yang memungkinkan obat-obatan untuk diuji pada jantung buatan.

Selain itu, terobosan yang dipresentasikan di pertemuan American Heart Association American Basic Cardiovascular Sciences 2017 Scientific Sessions di Portland, Oregano, tersebut akan mempermudah penelitian penyakit jantung.

Miniatur jantung bakal mempermudah uji coba obat baru yang potensial untuk keamanan dan bisa menghasilkan metode baru untuk menghasilkan sel otot jantung secara artifisial.

Di suatu hari nanti, jantung fungsional berukuran normal diharapkan bisa ditanam untuk transplantasi manusia. Para peneliti menggunakan jantung yang telah dikeluarkan dari tubuh tikus, lalu menggunakan teknik yang disebut 4-Flow cannulation untuk membuat jantung miniatur.

Teknik ini memperkenalkan solusi ke dalam jaringan vena dan arteri, yang memungkinkan para peneliti untuk melepaskan sel tikus saat menjaga lapisan matriks seluruh jantung agar terisi kembali dengan sel manusia.

Sirkulasi dipertahankan di dalam seluruh jantung untuk menjaga aliran normal dan merangsang ekspansi mekanis ruang jantung. "Perkembangan organ miniatur manusia melalui dekelularisasi organ hewan pengerat dan rekullularisasi dengan sel manusia akan memberikan bukti translasi berkualitas tinggi untuk model hidup dari hewan ke manusia dalam penelitian dasar dan aplikasi farmakologis," kata Duong Nguyen dari AstraZeneca.

"Di sini, kita berfokus pada pelestarian jaringan sirkulasi di dalam jantung tikus dengan meramalkan vena kava superior (SVC), aorta aorta (A), vena paru-paru (PV), dan arteri pulmonalis (PA) - yang dianggap sebagai 4-Flow," lanjutnya seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (14/7/2017).

Para peneliti mengatakan metode ini lebih unggul dari teknik sebelumnya yang dikenal dengan metode Langendorff, yang memompa deterjen melalui jantung hewan pengerat.

"Yang paling menguntungkan adalah akses ke arteri koroner dan pembuluh darah jantung. Oleh karena itu, tujuannya adalah untuk benar-benar mengkompelelasikan kembali jantung dan melakukan stimulasi mekanis ventrikel," lanjutnya.

Pemindai menunjukkan semua pembuluh dan katup berfungsi dengan baik. Para ilmuwan yakin suatu hari mereka bisa mengambil jantung, mungkin dari bintang lain, mengeluarkan sel dan kemudian menggantinya dengan sel yang tumbuh dari tubuh pasien sendiri.

(din)

Baca Juga

Peneliti Temukan Kapal Karang Berusia Ribuan Tahun yang Masih Utuh, Ini Buktinya!

Peneliti Temukan Kapal Karang Berusia Ribuan Tahun yang Masih Utuh, Ini Buktinya!