Wow, Memainkan Alat Musik Kini Bisa Dilakukan dengan Pikiran

Wow, Memainkan Alat Musik Kini Bisa Dilakukan dengan Pikiran

(Foto: University of Washington)

CALIFORNIA - Dunia sains terus menemukan terobosan yang tak terduga. Kali ini, ilmuwan telah menciptakan alat musik yang bisa Anda mainkan dengan pikiran Anda.

Para peneliti melakukan penelitian dengan 15 peserta sehat. Untuk bekerja di Encephalophone, mereka memasang sebuah topi yang bisa mengukur sinyal listrik di otak. Dalam kasus ini, topi tersebut merekam dua jenis sinyal otak.

Satu jenis diproduksi saat Anda menutup mata dan yang lainnya saat Anda memikirkan membuat gerakan. Topi mengubah sinyal otak menjadi catatan, yang kemudian dimainkan menggunakan synth.

Tanpa latihan, semua peserta bisa memainkannya dengan mudah. Topi itu lebih akurat saat peserta mencoba mengendalikannya dengan menutup mata mereka.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (17/7/2017) Encephalophone diharapkan bisa menjadi alat yang digunakan dalam rehabilitasi. Musik sudah digunakan untuk membantu orang mendapatkan kembali fungsi otak dan instrumennya bisa digunakan dalam jenis terapi ini.

Saat ini, para peneliti ingin membuat Encephalophone lebih canggih dan mampu menghasilkan suara yang lebih luas. Selanjutnya, mereka akan menguji seberapa banyak orang bisa memperbaiki diri dengan pelatihan dan memulai uji coba klinis penyandang disabilitas akhir tahun ini.

Instrumen yang disebut Encephalophone dijelaskan dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Human Neuroscience. Para peneliti berharap pada suatu hari interface brain-computer bisa membantu penderita gangguan motorik.

(din)

Baca Juga

Peneliti Temukan Kapal Karang Berusia Ribuan Tahun yang Masih Utuh, Ini Buktinya!

Peneliti Temukan Kapal Karang Berusia Ribuan Tahun yang Masih Utuh, Ini Buktinya!