Wow, Peneliti Temukan Galaksi Paling Terang di Luar Angkasa

Wow, Peneliti Temukan Galaksi Paling Terang di Luar Angkasa

Foto: Dok. Science Daily

SPANYOL – Tim peneliti dari Instituto de Astrofisica de Canarias (IAS) yang dipimpin oleh peneliti Anastasio Diaz-Sanches, Polytechnic University of Cartagena (UPT), menemukan galaksi terbaru yang lebih terang dari Galaksi Bima Sakti. Bahkan, galaksi tersebut lebih terang seribu kali lipat dari yang kita tempati sekarang ini.

Galaksi tersebut berada pada 10.000 juta tahun cahaya. Faktor yang membuat galaksi itu memiliki cahaya yang lebih bersinar lantaran memiliki kandungan emisi yang kuat. Untuk mengukurnya, para peneliti pun menggunakan Gran Telescopipo Canarias (GTC).

“Terima kasih untuk lensa gravitasionalnya. Jika kita melihat, galaksi tersebut menunjukkan 11 kali lebih besar dan lebih terang dari yang sebenarnya,” ungkap Anastasio Diaz Sanchez, seperti dinukil dari laman Science Daily.

Galaksi ini terkenal karena memiliki tingkat dalam pembentukan bintang yang tinggi. Dibandingkan dengan Bima Sakti, galaksi ini membentuk bntang dua kali massa matahari per tahunnya.

“Objek tipe dengan kekuatan super ini merupakan tempat pembentukan bintang paling dikenal di alam semesta,” jelasnya.

“Di masa depan, kita pun bisa membuat perincian mengenai bentuk bintang dengan menggunakan Interferometer,” tambahnya. (afr)

(kem)

Baca Juga

DO YOU KNOW: Nih Bedanya Astronot dan Kosmonot?

DO YOU KNOW: Nih Bedanya Astronot dan Kosmonot?