Dengan Berbagai Alasan, Negara Ini Blokir Situs-Situs Terkenal Ini

Dengan Berbagai Alasan, Negara Ini Blokir Situs-Situs Terkenal Ini

(Foto/Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA – Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini membuat masyarakat di dunia semakin mendapatkan kemudahan dalam hal apa pun. Website di dunia maya pun semakin beragam dan semakin banyak yang sangat mempermudah kehidupan.

Facebook contohnya, dengan beragam kemampuan yang dihadirkan situs jejaring sosial itu menjadikannya sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Namun, kecanggihannya tersebut tidak serta merta membuatnya aman dari pemblokiran di beberapa Negara bersamaan dengan media sosial lain, Twitter dan situs berbagi video, Youtube.

Dilansir dari berbagai sumber, negara-negara ini melarang masyarakatnya untuk mengakses beberapa situs seperti Facebook, Twitter, dan Youtube dengan berbagai alasan.

Pakistan

Pakistan memblokir akses ke situs web Facebook pada 2010. Langkah ini ditempuh negara tersebut setelah menemukan konten yang dinilai negatif, yakni kompetisi online global untuk membuat karikatur Nabi Muhammad.

Tak hanya Facebook, Pakistan juga melarang masyarakatnya menggunakan Twitter dan Youtube. Keputusan ini diambil berdasarkan kemungkinan serangan maya pada jaringan komputer komisi pemilihan di Pakistan.

China

Negeri Tirai Bambu juga melarang masyarakatnya menggunakan jejaring sosial Facebook, Youtube, dan Twitter. Sebagai gantinya, China merekomendasikan media sosial rancangannya sendiri seperti Weibo (Twitter versi China) dan Renren yang disebut mirip Facebook, untuk masyarakatnya yang ingin berselancar di media sosial.

Korea Utara

Korea Utara menjadi negara yang cukup disegani. Pasalnya, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini dikenal otoriter dan amat mengedepankan keamanannya. Korut memilih untuk melarang masyarakatnya menggunakan jejaring sosial seperti Facebook.

Tak hanya itu, negara ini juga membatasi penggunaan internet. Sejumlah mahasiswa pascasarjana dan profesor di Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang bahkan tak pernah menggunkaan fasilitas internetnya untuk membuka Facebook meski memiliki akses khusus internet.

Vietnam

Salah satu negara di Asia Tenggara ini melarang penggunaan Facebook pada 2009. Meski pemerintah setempat membantah dengan sengaja memblokir akses ke jejaring sosial tersebut, masyarakat di Vietnam juga melarang penduduknya untuk berbagi kabar di jejaring sosial lain.

Bangladesh

Senada dengan Pakistan, Bangladesh memprotes konten yang negatif yang memuat foto karikatur Nabi Muhammad di jejaring sosial Facebook. Atas hal itu, Bangladesh memblokir akses ke media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

(kem)

Baca Juga

Soal RUU Penyiaran, ATVSI: Sebaiknya Ajak Pelaku Industri

Soal RUU Penyiaran, ATVSI: Sebaiknya Ajak Pelaku Industri