Manusia Bisa Bicara Banyak Bahasa, Nih Buktinya..

Manusia Bisa Bicara Banyak Bahasa, Nih Buktinya..

Foto: Dok. The Conversation

JAKARTA – Mungkin Anda sering berpikir kenapa manusia bisa memiliki kemampuan berbicara dengan banyak bahasa? Seperti dinukil dari laman The Conversation, ada beberapa penelitian yang menunjukkan mengapa manusia bisa berbicara dengan banyak bahasa.

Beberapa faktornya yakni lingkungan, sosial, serta geografi mereka. Temuan ini tentu tidak sepenuhnya menjelaskan mengenai proses manusia bisa berbicara dalam banyak bahasa. Kemudian, cara selanjutnya untuk mengetahui hal itu juga dilakukan oleh seorang linguistik dari Yale University, Claire Bowern. Di mana Australia memiliki banyak bahasa yang terdapat di utara dan sepanjang pantai mereka.

Dilakukan tiga langkah dalam penelitian tersebut, pertama membangun model sederhana untuk menguji sejauh mana proses dasar yang menjelaskan keragaman bahasa di Australia. Kedua, curah hujan yang ada juga akan membatasi jumlah orang yang tinggal di tempat tersebut. Ketiga, bahwa populasi manusia memiliki jumlah yang maksimal.

Langkah tersebut pun coba diaplikasikan ke tempat-tempat lainnya. Ternyata ditemukan bahwa tidak hanya kepadatan dan kondisi lingkungan yang bisa memengaruhi bahasa. Penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa juga bisa berubah dengan adanya struktur populasi dan bahasa yang digunakan di area wilayah yang besar.

Namun, faktor sosial dan lingkungan menjadi salah satu faktor global yang membuat semua itu terjadi. Keragaman bahasa telah memainkan peran kunci dalam membentuk interaksi manusia sepanjang spesies mereka. (afr)

(kem)

Baca Juga

Wow! Ternyata Otak Capung Jadi Inspirasi Ilmuwan Ciptakan Robot

Wow! Ternyata Otak Capung Jadi Inspirasi Ilmuwan Ciptakan Robot