Yuk, Kenalan dengan Robot Baru di Stasiun Luar Angkasa

Yuk, Kenalan dengan Robot Baru di Stasiun Luar Angkasa

(Foto: NASA)

NEW YORK - Astronot yang berada di dalam International Space Station (ISS) memiliki teman robot baru. Robot baru di ISS itu memiliki bentuk bulat.

Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) telah merilis gambar pertama yang diambil oleh Int-Ball, kamera berbentuk bola yang mengapung di samping awak kapal lainnya. Dengan warna monokrom dan mata biru yang melingkat, ia terlihat seperti Eva Wall-E.

Notabenenya, Int-Ball bisa bergerak secara otonom atau dikenalikan oleh operator di Bumi. Gambar dipindahkan dalam waktu dekat sehingga memungkinkan staf JAXA untuk segera mengevaluasi masalah dan menawarkan solusi yang mungkin bagi penduduk ISS.

Int-Ball bisa membuat astronom lebih efisien di ISS. JAXA mengatakan bahwa awak kapal menghabiskan 10% jam kerja mereka dengan membawa kamera di tangan dan memotret pekerjaan atau peralatan yang memerlukan evaluasi lebih lanjut.

Sebuah kamera drone yang bisa mengambang, secara teori mengurangi tanggung jawab awak, memberi mereka lebih banyak waktu untuk melakukan eksperimen dan melakukan perbaikan. Int-Ball dikirim ke ISS pada 4 Juni, menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dan untuk pertama kalinya, sebuah kapsul Dragon digunakan kembali.

Di inti Int-Ball yang berukuran 15cm terdapat unit kontrol tiga sumbu. Otak berbentu kubus berbincang dengan 12 penggemar diposisikan di dekat permukaan robot, yang menyesuaikan posisinya di nol gravitasi.

Sebuah kamera navigasi terlihat untuk 3D Target Market pink, yang berfungsi sebagai referensi di kapal. Sementara itu, kamera perekam terletak di antara kedua mata sehingga astronot bisa dengan mudah mengindentifikasi apa yang dilihatnya.

JAXA mengatakan bahwa sekarang fokus di peningkatan kemampuan Int-Ball sehingga bisa lebih membantu dan otonom di stasiun luar angkasa. Demikian seperti dikutip dari Engadget, Selasa (18/7/2017).

(din)

Baca Juga

Fenomena Equinox Akan Terjadi di Sumbar, Matahari Melintas Tepat di Garis Khatulistiwa

Fenomena Equinox Akan Terjadi di Sumbar, Matahari Melintas Tepat di Garis Khatulistiwa