Mengejutkan! Hewan Ini Bakal Menjadi Makhluk Hidup Terakhir di Bumi

Mengejutkan! Hewan Ini Bakal Menjadi Makhluk Hidup Terakhir di Bumi

(Foto: Shutter Stock)

CALIFORNIA - Makhluk bernama tardigrada alias beruang air, menurut ilmuwan akan menjadi spesies terakhir yang masih ada di Bumi dan bisa hidup melalui peristiwa kiamat.

Beruang air berkaki delapan ini disebut bisa bertahan hingga 30 tahun tanpa makanan atau air. Sekarang, sebuah studi baru yang dilakukan oleh Oxford University menemukan bahwa hewan mikro yang tangguh akan ada setidaknya selama 10 miliar tahun dan bisa hidup melalui serangan asteroid atau dampak dari ledakan bintang.

Penelitian ini dirancang untuk menentukan kondisi ekstrem yaitu ketika kehidupan bisa mati di Bumi dan bisa berimplikasi untuk menemukan kehidupan di tempat lain di tata surya.

Selain itu, beruang air yang tumbuh sekira setengah sentimeter juga bisa menahan suhu ekstrem hingga 150 derajat celsius. Ia juga bisa tahan terhadap tingkat radiasi 5000 hingga 6200 Gy, sekira dosis yang digunakan dalam beberapa bentuk kemoterapi.

Penelitian dari Oxford University telah mempelajari risiko kepunahan hewan untuk berbagai bencana astrofisika. Dr Rafael Alves Batista, peneliti di jurusan fisika di Oxford University ini mengatakan kepada MailOnline, "Tujuannya adalah untuk mempelajari apa yang diperlukan untuk membunuh semua kehidupan, bukan hanya manusia."

"Untuk tujuan ini, kita telah memilih bentuk kehidupan yang paling tahan lama yang kita kenal yakni tardigrada. Pertanyaan yang ingin kita jawab adalah, 'Apa yang dibutuhkan untuk membunuh semua kehidupan di planet? Untuk mencapainya, kita butuh sesuatu yang bisa membunuh tardigrada,"lanjutnya seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (18/7/2017).

Penelitian tersebut menemukan bahwa makhluk mungil tersebut dapat bertahan dalam serangan asteroid, supernova atau ledakan sinar gamma, semacam ledakan energik yang ekstrem. Meskipun semua kejadian ini akan mematikan bagi manusia, namun menurut peneliti tak satu pun bisa menghancurkan tardigrada.

(din)

Baca Juga

Peneliti Temukan Kapal Karang Berusia Ribuan Tahun yang Masih Utuh, Ini Buktinya!

Peneliti Temukan Kapal Karang Berusia Ribuan Tahun yang Masih Utuh, Ini Buktinya!