Khawatir Shutdown, Archive Team Janji Bakal Backup SoundCloud

Khawatir Shutdown, Archive Team Janji Bakal Backup SoundCloud

(Foto: The Verge)

SAN FRANCISCO - Sukarelawan kolaboratif Archive Team mengumumkan bahwa mereka akan melakukan backup SoundCloud berskala besar melalui tool pengarsipan virtualnya, ArchiveTeam Warrior.

Langkah Archive Team ini dirancang untuk melestarikan arsip SoundCloud jika dimatikan, menyusul berita bahwa perusahaan tersebut baru saja mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. SoundCloud sendiri mengatakan hal tersebut dilakukan untuk tetap tinggal dan arsipnya tidak dalam bahaya atau menghilang.

Archive Team sendiri didirikan pada 2009 oleh Jason Scott, dengan misi untuk melestarikan catatan sejarah situs web dan layanan yang dianggap berisiko. Menurut situsnya, tanda peringatan untuk situs web berisiko mencakup PHK massal, kelalaian, kerusakan, atau pemilik hilang dalam tindakan.

Archive Team Warrior berjalan dalam sistem operasi sukarela dengan menggunakan mesin virtual, menggores konten situs web berisiko, dan akhinya mengunggahnya ke Internet Archive di koleksi Archive Team, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (18/7/2017).

Sebelumnya, proyek arsip lain juga ditangani oleh Archive Team yang meliputi GeoCities, Google Video, Friendster, TwitPic, dan Verizon Personal Web Space.

Seperti diketahui, pada awal pekan lalu Tech Crunch melaporkan bahwa SoundCloud hanya memiliki uang untuk landasan hingga Q4. SoudCloud membantah laporan tersebut, dengan mengatakan bahwa hal itu tak akan ditutup.

(din)

Baca Juga

Waspada! ATM Dapat Di-<i>hack</i> Hanya dalam 5 Menit

Waspada! ATM Dapat Di-hack Hanya dalam 5 Menit