Unik, Jepang Kembangkan Perangkat VR dalam Bola Kaca Raksasa

Unik, Jepang Kembangkan Perangkat VR dalam Bola Kaca Raksasa

(Foto: Phys)

TOKYO – Sebuah virtual reality (VR) mampu memanjakan penggunanya. Sepeti diketahui, perangkat itu mampu menghadirkan pengalaman dan tampilan virtual yang seolah nyata.

Lain halnya dengan perangkat VR yang banyak melenggang di pasaran, insinyur di Jepang mengembangkan VR dalam bola kaca raksasa. Teknologi tersebut merupakan sebuah VR ‘space ride’ yang nantinya pengguna seolah-olah terbang di dalam bola kaca raksasa.

Sistemnya juga tak seperti VR konvensional, perangkat yang dinamakan ‘8K:VR Ride’ itu menyerupai permainan di taman hiburan yang dikombinasi dengan miniatur teater.

Teknologi ini tak mengharuskan penggunanya mengenakan penutup kepala apapun seperti perangkat VR yang kita ketahui selama ini. Sebagai gantinya, mereka ditempatkan pada dua kursi yang berputar dan ditinggikan tepat di depan layar semi-spherical.

“Berbeda dengan layar datar konvensional, Anda dapat melihat gambar yang lebih dekat dengan Anda secara fisik di layar kubah ini,” kata Makoto Nakahira, seorang insinyur di Wonder Vision Techno Laboratory.

“Ini adalah sistem di mana Anda dapat mengalami visual yang belum pernah Anda lihat sebelumya,” ujarnya.

Teknologi eksperimental ini dipamerkan ke media di Jepang pertama kalinya hari ini, Selasa (18/7/2017), sebelum pertunjukkan yang dijadwalkan di Japan’s Digital Content Expo 2017 pada Oktober.

Nama dari teknologi ini mengacu pada teknologi layar superhigh 8K, yang 16 kali lebih tajam dibanding gambar HD saat ini. Wonder Vision mengembangkan sistem ini dengan NHK Enterprises yang berbasis di Jepang dan NHK Media Technology.

Sistem ini memiliki teater hemispherical yang dikenal dengan Sphere 5.2, lebar layar 5,2 meter (17 kaki), panjang 3,4 meter, dan kedalaman 2,6 meter. Demikian seperti dilansir Phys, Selasa (18/7/2017).

(kem)

Baca Juga

OnePlus 5 Terjangkit Bug 911, <i>Nih</i> Penyebabnya!

OnePlus 5 Terjangkit Bug 911, Nih Penyebabnya!