DO YOU KNOW: Ini Loh.. Alasan Air Mata Keluar saat Kita Sedang Sedih

DO YOU KNOW: Ini Loh.. Alasan Air Mata Keluar saat Kita Sedang Sedih

Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Merasakan sebuah emosi yang memuncak baik itu saat sedang bersedih, marah, maupun berbahagia tanpa sadar air mata kita keluar begitu saja. Menangis sendiri tidak hanya bisa terjadi saat Anda sedang merasa bersedih namun juga bisa terjadi saat Anda merasakan bahagia.

Namun, apa sebenarnya yang membuat mata kita mengeluarkan air mata saat merasa emosi? Mata manusia sendiri terdapat sebuah kelenjar lakrimal atau yang dikenal dengan kelenjar air mata yang berada di bawah alis. Kelenjar tersebut dapat menghasilkan semburan air mata.

Air mata sendiri memiliki tipenya masing-masing. Terdapat tiga tipe air mata yakni basal tears. Saat Anda sedang mengaca, Anda akan sadar bahwa air mata berair, itulah yang dinamakan Basal Tears, fungsinya adalah untuk membasahi mata Anda.

Sementara itu, terdapat reflex tears, dimana ini air mata ini dihasilkan akibat pengaruh eksternal. Misalnya saja saat Anda sedang kelilipan, maka Anda akan berusaha mengucek mata Anda, sehingga mata menghasilkan air mata yang berlebih. Tujuan dari munculnya reflex tears ini adalah untuk membersihkan mata Anda dari benda-benda asing.

Nah, kemudian juga terdapat air mata emosi. Air mata ini akan muncul saat Anda merasa bersedih maupun bahagia. Air mata yang muncul saat menangis bertujuan untuk bisa memberikan sinyal, komunikasi, serta mengurangi stres.

Air mata ini berisikan sebuah hormon yang dikenal dengan nama Adrenocorticotropic Hormone (Hormon ACTH). Hormon ini sendiri bisa dikaitkan dengan tingkat stres yang seseorang rasakan.

Sedangkan air mata yang dikeluarkan saat bahagia, juga bertujuan untuk memberikan sinyal yang sama. Sama halnya saat kita merasa kesakitan, air mata bahagia juga menjadi air mata emosional yang muncul karena pengaruh eksternal, seperti perasaan dan fisik. Adanya pemicu seperti emosi membuat kelenjar kita bisa mengeluarkan air mata lebih banyak. Itu sebabnya saat emosi kita akan menangis. Demikian seperti dinukil dari berbagai laman oleh Okezone. (afr)

(kem)

Baca Juga

Keren! Elon Musk Nonton Gerhana Matahari Total dari Balik Kaca

Keren! Elon Musk Nonton Gerhana Matahari Total dari Balik Kaca