Perkuat Layanan Data, XL Targetkan Pelanggan 4G Capai 20 Juta

Perkuat Layanan Data, XL Targetkan Pelanggan 4G Capai 20 Juta

CEO XL Axiata, Dian Siswarini (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - XL Axiata terus mendorong pelanggan untuk menggunakan layanan 4G. Pada tahun ini, perusahaan operator telekomunikasi itu menargetkan jumlah pengguna 4G XL mencapai 20 juta pelanggan.

Tercatat, pelanggan 4G XL meningkat sekira 10 juta per akhir 2016, hingga mencapai 12 juta pelanggan pada awal tahun ini. Kemudian, pada pertengahan tahun ini, Jumlah pelanggan 4G XL mencapai lebih dari 15 juta.

"Dua tahun ke belakang, kita terapkan perubahan strategi sebagai data lead company. Kita harus akselerasi ke data service lebih cepat," kata CEO XL Axiata Dian Siswarini di Jakarta, Senin (31/7/2017).

Dian mengungkapkan, sesuai dengan komitmen untuk berfokus pada penyediaan layanan data, XL Axiata telah membangun 93.507 unit BTS per akhir semester 1 2017, dengan lebih 42.000 unit di antaranya adalah BTS 3G dan hampir 14.000 unit adalah BTS 4G LTE. Khusus untuk 4G, diharapkan mencapai target 17 ribu BTS sampai dengan akhir tahun di 330 kota.

Peningkatan pengguna 4G tidak terlepas dari penjualan bundling smartphone serta penerapan strategi dual brand, XL dan Axis. Seperti diketahui, XL ditujukan untuk segmen "kerah putih", dan Axis untuk pelanggan segmen anak muda.

Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone juga terus meningkat dan menjadi sekitar 67% dari total pelanggan. Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 40% dari total pelanggan.

Perluasan jaringan 4G LTE juga berlangsung secara massif. Hingga Juni 2017 sebanyak 288 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat, termasuk di antaranya puluhan kota di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Untuk wilayah Jawa, hampir seluruh kota-kabupaten di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, telah terlayani 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan data yang berkesinambungan tersebut termasuk juga perluasan jaringan 4G LTE, mendorong tingkat kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan-layanan data.

(ahl)

Baca Juga

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih

TOP TECHNO: Khoirul Anwar, Anak Petani Penemu Teknologi 4G hingga Video Penampakan Rusa Putih