Astaga! Tak Cuma Naskah, Hacker Juga Curi Data Pribadi Artis 'Game of Thrones'

Astaga! Tak Cuma Naskah, Hacker Juga Curi Data Pribadi Artis 'Game of Thrones'

(Foto: Indian Express)

JAKARTA - Baru-baru ini pencinta serial ‘Game of Thrones’ dikejutkan dengan adanya peretasan yang mengincar naskah film yang belum sempat ditayangkan. Tak hanya itu, pelaku juga diketahui memeras pihak HBO dengan meminta tebusan beruapa uang bitcoin.

Masalah peretasan tak sampai di situ. Menurut laporan The Verge yang dikutip Okezone, Kamis (10/8/2017), dalam sebuah dokumen yang berhasil dibobol, hacker juga ternyata mencuri data pribadi sang artis yang bermain dalam ‘Game of Thrones season 7’.

Adapun data pribadi yang disebutkan ialah berupa nomor telefon, alamat rumah, dan e-mail. Sementara beberapa artis yang menjadi korbannya adalah Peter Dinklage, Lena Headey, dan Emilia Clarke.

Baca juga: Ya Ampun! Hacker Bobol Naskah Game of Thrones dan Minta Tebusan Bitcoin

Tak hanya artis, orang dalam stasiun televisi yang menyiarkan film tersebut seperti Wakil Presiden untuk programming film, Leslie Cohen, juga terkena imbasnya.

Sementara itu menyikapi adanya peretasan tersebut, HBO mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan investigasi forensik secara berkelanjutan. Juru bicara HBO, Jeff Cusson, mengatakan "Ulasan sampai sekarang belum memberi kami alasan untuk percaya bahwa sistem kami semuanya telah disusupi."

Sebelumnya diberitakan bahwa naskah ‘Game of Thrones’ telah dibobol hacker. Tak hanya itu, pelaku juga berhasil mencuri naskah lain dari episode ‘Ballers dan Room 104’.

Baca juga: Canggih! Tool Pencarian Ini Bisa Deteksi Keamanan Password

Naskah ‘Game of Thrones’ dibobol sebelum sempat tayang dan dipersiapkan untuk tayang beberapa waktu lalu. Total data yang berhasil dibawa hacker sebesar 1,5 TB dari stasiun televisi HBO. Dalam e-mail yang dikirimkan kepada CEO perusahaan, sang hacker mengaku telah mempersiapkan peretasan tersebut selama enam bulan.

Setelah berhasil membobol sistem keamanan, pelaku pun meminta tebusan kepada HBO berupa mata uang bitcoin senilai USD6 juta.

(kem)

Baca Juga

<i>Waduh</i>! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar

Waduh! Pasar PC Lesu, Lenovo Merugi Rp962 Miliar